Sabtu 27 Februari 2021, 16:30 WIB

Khofifah Imbau Masyarakat yang Sudah Divaksin Tetap Patuh Protokol

Humaniora | Nusantara
Khofifah Imbau Masyarakat yang Sudah Divaksin Tetap Patuh Protokol

ANTARA/Didik Suhartono
Sejumlah warga lansia menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum mendapat suntikan vaksin covid-19 di Puskesmas Pakis, Surabaya, Selasa (23/2).

 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan kepada masyarakat yang sudah divaksin tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya peluang penularan covid-19.

"Jangan lengah dan merasa sudah aman. Semua harus tetap menjaga protokol kesehatan," ujarnya di sela mendampingi Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk orang lanjut usia (lansia) di Gedung Samator, Surabaya, Sabtu (27/2).

Menurut dia, penerapan 3M tetap harus dilaksanakan, seperti menjaga jarak dan menghindari kerumunan, mencuci tangan serta memakai masker.

Baca juga: Menkes Targetkan Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Tuntas Juni

Khofifah mengatakan pada tahap kedua ini terdapat dua kelompok yang menjadi sasaran pelaksanaan vaksinasi, yaitu pada pemberi pelayanan publik dan lansia.

"Dua kelompok inilah yang menjadi sasaran kami di tahap kedua. Kalau dibanding dengan pemberi pelayanan publik juga berisiko. Lansia ini juga berisiko karena kondisi tubuhnya yang rentan," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Khofifah menjelaskan, sesuai pesan dari Menkes, pelaksanaan vaksinasi bagi lansia harus dikawal dengan baik agar bisa mendapatkan sesegera mungkin.

Karenanya, lanjut dia, untuk mempercepat sasaran dari lansia tervaksinasi pada tahap kedua ini maka dilakukan vaksinasi massal.

"Jadi nanti bisa lebih mempercepat pencapaian target sasaran itu dengan dilakukannya pelayanan dengan model vaksinasi massal. 3M menjadi penting pada kondisi pelayanan vaksinasi massal sehingga harus benar-benar dikawal dan dikontrol," tuturnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi mengatakan saat ini sedang berlangsung vaksinasi covid-19 tahap kedua dan ditargetkan selesai akhir Juni 2021.

Menkes juga mengapresiasi kolaborasi Gubernur Khofifah bersama Pemkot Surabaya yang telah berhasil mengumpulkan para lansia untuk divaksinasi.

"Hal tersebut diharapkan bisa menjadi contoh bagi daerah lain. Teman-teman yang memiliki resources dan akses bisa untuk mengajak lansia segera divaksin agar mereka bisa terlindungi dari covid19," kata Menkes.(Ant/H-3)
 

Baca Juga

DOK MI

Pemkab Klaten Siapkan Sanksi Bagi ASN Yang Mudik

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 13 April 2021, 17:38 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, memastikan akan menerapkan larangan mudik Labaran 2021 bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN)...
MI/Supardji Rasban

Antisipasi Pemudik Polres Brebes Sekat 3 Titik Pintu Masuk Jateng

👤Supardji Rasban 🕔Selasa 13 April 2021, 17:35 WIB
TIGA titik yang akan disekat itu yakni Jalur Perbatasan di Bojongsari Losari, exit Tol Pejagan dan Jalur Pantura di Desa Kecipir, hanya...
ANTARA/Anca Boleng

Bangunan Rusak Akibat Bencana NTT Mencapai 126.459 Unit

👤Palce Amalo 🕔Selasa 13 April 2021, 17:28 WIB
BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Timur (NTT), mencatat sebanyak 126.459 bangunan mengalami kerusakan akibat Siklon...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya