Jumat 26 Februari 2021, 22:37 WIB

Jambi Tawarkan Kawasan SENTUSA dalam Kerja sama IMT-GT

Syarief oebaidillah | Nusantara
Jambi Tawarkan Kawasan SENTUSA dalam Kerja sama IMT-GT

Dok. Pribadi
Kerja sama tiga negara dalam IMT-GT

 

TIGA negara di Asia Tenggara bersepakat membentuk kerja sama ekonomi dan dagang, yang disebut Segitiga Pertumbuhan Ekonomi. Indonesia, Malaysia, dan Thailand (IMT-GT). Kerja sama itu bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi  yang pada kali ini diadakan di palembang, Sumatera selatan (26/2/21) 

Dalam Program IMT-GT menekankan kolaborasi dan terobosan untuk memastikan daerah-daerah 3 negara tersebut bisa berkembang dengan baik.

"Kami di legislatif memiliki peran untuk memastikan program tersebut berjalan dengan baik sesuai dengan fungsi kami, legislasi menyederhanakan aturan, anggaran yang fokus kepada program kerja IMT -GT dan Pengawasan program kerja sehingga sesuai dengan apa yang sudah direncakan," kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Rocky Candra dalam keterangannya.

Ditambahkan Rocky, dengan mengambil contoh dorongan Kawasan ekonomi baru yang ada di Sengeti, Tungkal dan Sabak. 3 daerah ini menjadi daerah yang sangat strategis dalam pengembangan program  IMT-GT. 

Bagi Provinsi Jambi daerah ini memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah dan letak yang strategis menjulang berbatasan langsung dengan Selat Malaka, Sumber Daya Alam yang melimpah itu belum bisa dikelola dengan baik sehingga investor enggan untuk investasi sehingga perputaran ekonomi didaearah ini tidak bisa dioptimalkan.

Baca juga : Wujudkan Desa Wisata, Pemprov Bengkulu Dukung Warkop Digital

Ia menawarkan Sengketi, Tungkal dan Sabak (SENTUSA) menjadi daerah penyangga dan stimulus program kerja IMT -GT dengan langkah awal membangun Rumah Sakit, Sekolah Maritim dan juga Perguruan Tinggi.

"Tiga fasiltas umum ini sangat penting untuk dibangun dan mendongkrak pengembangan ekonomi di Provinsi Jambi.  Misalnya Rumah Sakit, untuk bekerja masyarakat harus mendapatkan Kesehatan yang ditopang dengan fasilitas Kesehatan dengan baik, untuk pengelolaan Sumber Daya Alam harus ditopang dengan Perguruan Tinggi untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, serta Sekolah Maritim menyiapkan Sumber Daya Manusia yang memiliki kompetensi dibidang kemaritiman karena SenTuSA terletak dijalur maritim," jelasnya

Ia menegaskan, ketiga daerah tersebut sudah memiliki perputaran ekonomi yang kuat maka program-program kerja IMT-GT bisa optimalisasikan lebih baik lagi. 

"Kawasan ekonomi baru hanya bisa diimplementasikan dengan anggaran yang terukur, terarah dan terencana, sehingga anggaran bisa digunakan seefisien dan seefektif mungkin tujuan tercapai dengan cepat," opungkas Rocky. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/Sumaryanto Bronto

Pemprov NTT Tunda Kenaikan Tarif ke Komodo dan Padar

👤Palce Amalo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:16 WIB
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menunda penerapan tarif masuk ke Pulau Padar dan Pulau Komodo sebesar Rp3.750.000 per...
Ist

Turunkan Angka Stunting, Pemkot Tomohon Optimalisasi Peran Nakes

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 07:37 WIB
Prevalensi nagka stunting Kota Tomohon sendiri berada di angka 18,3%. Secara nasional, pemerintah menentukan target prevalensi...
MI/HO

Ulama di Cirebon Doakan Ganjar Pranowo

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 03:02 WIB
ribuan orang yang hadir juga memanjatkan doa dipimpin oleh Kyai Abdul Munif untuk Ganjar Pranowo serta harapannya bagi Indonesia yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya