Jumat 26 Februari 2021, 08:09 WIB

Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas

Ardi Teristi Hardi, Agus Utantoro | Nusantara
Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Guguran lava pijar terlihat menuruni lereng Gunung Merapi dari wailayah Balerante, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (24/2/2021) malam

 

BALAI Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) tetap mempertahankan, tingkat aktivitas Gunung Merapi berada di level III (Siaga) walau saat ini kondisi gunung sangat aktif.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi BPPTKG, Heru Suparwaka menjelaskan potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-Barat Daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km. Lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

Masyarakat direkomendasikan agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya. Masyarakat diimbau mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

baca juga: Potensi Bahaya Guguran Lava dan Awan Panas Merapi Bisa Capai 5 Km

Pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 km dari puncak Gunung Merapi.

"Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas  Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali," tutup dia. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Yose Hendra

Balimau di Masjid, Tradisi Silaturahim Ramadan di Agam

👤Yose Hendra 🕔Senin 12 April 2021, 11:52 WIB
Masyarakat Nagari Kampuang Pinang, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, gelar balimau dengan cara menjalin silaturahmi di masjid...
MI/Dok Humas Riau

Pariwisata Riau Kembali Bangkit

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Senin 12 April 2021, 11:38 WIB
Setelah terpuruk akibat covid-19, Pemprov Riau membangkitkan lagi sektor pariwisata  dengan meluncurkan Calendar of Event (CoE)...
MI/Bagus Suryo

BNPB Berikan Stimulan Rehab Rumah Rusak Dampak Gempa Malang

👤Atalya Puspa 🕔Senin 12 April 2021, 11:07 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo memberikan dana stimulan bagi warga yang rumahnya rusak akibat gempa di Malang, Jatim. Stimulan rusak ringan Rp10...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya