Sabtu 20 Februari 2021, 14:31 WIB

Banjir di Kudus Kembali Meninggi, 513 Jiwa Bertahan Mengungsi

Akhmad Safuan | Nusantara
Banjir di Kudus Kembali Meninggi, 513 Jiwa Bertahan Mengungsi

MI/Akhmad Safuan
Pengungsi banjir di wilayah Jawa Tengah

 

BANJIR yang melanda Kabupaten Kudus kembali meninggi. Sebanyak 513 jiwa (171 keluarga) bertahan di pengungsian karena rumah mereka terendam banjir hingga mencapai ketinggian 90 sentimeter.

Ratusan warga itu masih bertahan di lokasi pengungsian yang tersebar di beberapa titik yakni SD 2 Payaman Mejobo sembilan jiwa, Aula Desa Karangrowo Undaan 76 jiwa, Klenteng dan Gereja Tanjungkarang 84 jiwa, Gedung PKK Jetis Kapuan delapan jiwa dan Aula Balai Desa Jati Wetan 336 jiwa.

Ratusan jiwa pengungsi tersebut urung kembali ke rumah masing-masing karena banjir yang terjadi di sepuluh desa yakni Desa Jati Wetan, Jetis Kapuan dan Tanjungkarang (Kecamatan Jati), Desa Payaman, Kirig dan Gulang (Kecamatan Mejobo), Desa Karangrowo, Ngemplak, Wates dan Undaan Lor (Kecamatan Undaan) kembali meninggi.

"Ada peningkatan ketinggian air sekitar 20 sentimeter dari sebelumnya. Warga yang bertahan di pengungsian terdiri 359 orang dewasa dan 154 jiwa anak-anak," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Budi Waluyo.

Baca juga: Banjir,2.856 Sawah di Kudus Gagal Panen dan Petani Pati Panen Dini

Meningkatnya ketinggian banjir di sepuluh desa itu, ungkap Budi Waluyo, karena intensitas hujan yang melanda Kabupaten Kudus hingga pekan ini. Sehingga banjir masih merendam wilayah warga dengan ketinggian 50-90 sentimeter.

Guna memenuhi kebutuhan pengungsi, lanjut Budi Waluyo, terus dilakukan koordinasi dengan enam dapur umum dan tempat pengungsian agar logistik dapat terpenuhi.

"Kami terus upayakan semya kebutuhan pengungsi tercukupi," tutur Budi.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Merapi Kembali Keluarkan Awan Panas

👤Ardi Teristi Hardi, Agus Utantoro 🕔Jumat 26 Februari 2021, 08:09 WIB
Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi BPPTKG tetap mempertahankan, tingkat aktivitas Gunung Merapi berada...
MI/Djoko Sardjono

Pesantren Siaga Candi Dorong Pencegahan Covid-19

👤Djoko Sardjono 🕔Jumat 26 Februari 2021, 07:56 WIB
Pondok Pesantren Siaga Candi merupakan program Polri untuk mendorong penerapan protokol pencegahan covid-19 di lingkungan pondok...
MI/Gabriel Langga

Anak Putus Sekolah di Sikka Sekitar 60 Persen

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 26 Februari 2021, 06:44 WIB
Kasus  angka putus sekolah masih tinggi di Kabupaten Sikka, yakni sekitar 60 persen atau 160.000 warga di Sikka berpendidikan SD ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya