Senin 08 Februari 2021, 20:20 WIB

Bangkitkan Ekonomi, Lamongan Tabur 90 Ribu Benih Ikan Air Tawar

M Yakub | Nusantara
Bangkitkan Ekonomi, Lamongan Tabur 90 Ribu Benih Ikan Air Tawar

MI/M Yakub
Bupati Lamongan Fadeli menebar benih ikan di di Waduk Prijetan, Lamongan, Senin (8/2)

 

PEMKAB  Lamongan, Jatim, melakukan tabur benih ikan sebanyak 90 ribu Disejumlah sentra budidaya ikan air tawar di wilayahnya. Hal ini sebagai upaya menumbuhkan perekonomian disaat pandemi covid-19.

Bupati  Fadeli menebar puluhan ribu benih ikan (Restocking) di Waduk Prijetan dan UPT Perikanan Budidaya Air Tawar/ Air Payau di Desa Kalen Kecamatan Kedungpring, Senin (8/2).

Sebanyak 90 ribu benih ikan tombro dan tawes disebar di Waduk Prijetan seluas 231 hektar. Menurut Fadeli,  selama masa pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi nasional mengalami penurunan. Begitu juga Lamongan yang turun sebesar 1 persen.

"Perikanan merupakan salah satu bidang yang mampu terus bergerak dalam menyumbang surplus pada pertumbuhan ekonomi selain pertanian," ungkapnya.

Sebanyak 90 ribu benih ikan tombro dan tawes disebar di Waduk Prijetan seluas 231 hektar. Menurut Bupati, penaburan benih di tengah pandemi ini merupakan salah satu rangkaian ketangguhan-ketangguhan yang dilakukan di Lamongan.

Termasuk,  Perikanan Tangguh Lamongan 2021. Ia menyatakan pada masa pandemi, hanya sektor pertanianlah yang mampu menahan turunnya pertumbuhan ekonomi, menyumbang pertumbuhan positif 2,59 persen pada kwartal IV tahun 2020.

Selain itu, petani, petambak, dan nelayan masih mampu menikmati hasilnya. Hal tersebut ditandai dengan nilai tukar petani yang cukup baik yakni mencapai 104. Fadeli mengungkapkan penebaran benih ikan ini dimaksudkan untuk membantu petambak Lamongan.

"Dalam upaya peningkatan produksi ikan budidaya, hari ini kita menebar benih ikan yang berkualitas serta membantu petambak berupa benih tombro dan tawes sebanyak 95 ribu, serta 1.500 benih kakap putih," tambah Bupati Fadeli.

Selain itu, Bupati Fadeli juga menyalurkan bantuan 11.750.000 benih udang vaname serta 2000 Kg pakan ikan dari Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP). Bantuan ini disalurkan kepada sejumlah Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan).

Di antaranya Pokdakan Tambak Makmur Kelurahan Sukorejo Kecamatan Lamongan, Pokdakan Kolowatu Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng, dan Pokdakan Budi Luhur Desa Simbatan Kecamatan Sarirejo.

Bupati juga menyalurkan bantuan pakan mandiri kepada Pokdakan Sumber Makmur 1 Desa Morocalan Kecamatan Glagah, dan Pokdakan Mina Kawal Desa Wedoro Kecamatan Glagah. Serta menyalurkan benih Kakap Putih kepada Pokdakan Mina Surya Desa Bedingin Kecamatan Sugio.

"Pertanian dan perikanan kita ini luar biasa. Perlu kita kombinasikan dan kita maksimalkan agar dapat benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Lamongan," pungkas Fadeli.

Kepala Dinas Perikanan Lamongan MS Heruwidi menambahkan, penebaran ikan kakap putih ini merupakan inovasi bagi Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan, karena merupakan variasi hasil produksi yang kedepannya diharapkan mampu memberikan manfaat besar bagi warga lamongan.

"Nilai jual kakap putih ini sangat tinggi, yakni Rp50-70 ribu per Kg-nya. Ini inovasi yang bisa kita kembangkan di Lamongan, melihat nilai jualnya yang sangat tinggi, saya harap pembudidayaan secara khusus ini bisa efektif dan bermanfaat bagi masyarakat," tambahnya.(OL-13)

Baca Juga: Hati-hati Menjual HP Bekas Anda 

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Konsorsium III Malaria Sumba Sepakat Percepat Eliminasi Malaria

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 27 November 2021, 09:15 WIB
API Sumba Barat Daya tercatat 7,45 per 1.000 penduduk, Sumba Barat 12,5 per 1.000 penduduk, Sumba Timur 2,58 per 1.000 penduduk, dan Sumba...
MI/Apul Iskandar

Capaian Program Vaksinasi Covid-19 di Simalungun 67%

👤Apul Iskandar 🕔Sabtu 27 November 2021, 08:19 WIB
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengajak masyarakat agar mau secara sukarela mendaftarkan dirinya untuk divaksin di...
DOK PEMKOT PARE-PARE

Kota Cinta, Kota Industri tanpa Cerobong Asap

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 07:52 WIB
Taufan menjelaskan, kota tanpa cerobong asap ini terdiri atas tiga pilar. Pertama bidang kesehatan, kedua bidang pendidikan, dan ketiga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya