Minggu 31 Januari 2021, 21:20 WIB

Vaksinasi Pelayan Publik dan Lansia di Yogya Dijadwalkan April

Ardi T Hardi | Nusantara
Vaksinasi Pelayan Publik dan Lansia di Yogya Dijadwalkan April

Antara
Imunisasi covid-19

 

WAKIL Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyampaikan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kota Yogyakarta untuk penyuntikan dosis pertama dan kedua sedang berjalan bersamaan. Berdasar perhitungan, seluruh tenaga kesehatan di Kota Yogyakarta akan selesai divaksin Covid-19 pada akhir Februari atau pertengahan Maret 2021.

Ia pun memperkirakan vaksinasi aparat pelayanan publik, warga lanjut usia (lansia), dan masyarakat umum bisa dimulai pada April 2021. "Nantinya kelompok masyarakat umum pun akan dibagi dalam beberapa klaster. Kami harap Kota Yogyakarta bisa memperoleh vaksin lebih cepat dan vaksinasi bisa dilakukan lebih awal," papat dia.

Saat ini, pihaknya masih menunggu mekanisme pendataan masyarakat yang akan memperoleh vaksinasi dari pemerintah pusat. "Sampai sekarang kami menunggu petunjuk bagaimana mengawali pendataannya, termasuk nantinya klaster mana dulu yang akan diprioritaskan," papar dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani menambahkan, sampai Jumat (29/1), vaksinasi untuk tenaga kesehatan di Kota Yogyakarta mencapai 67,28 persen dari sekitar 8.680 sasaran.

Pihaknya berharap, masyarakat pada gilirannya nanti tidak takut saat menjalani vaksinasi Covid-19. Pasalnya, para tokoh dan tenaga kesehatan sudah vaksinasi Covid-19 dan kondisinya aman.

Vaksinasi sangat penting karena bagian dari pencegahan dan pengendalian Covid-19 dengan cara membentuk kekebalan kelompok. "Idealnya seluruh penduduk divaksinasi. Jika tidak tercapai 100 persen, paling tidak menurut epidemiologi angka minimum yang diperlukan adalah 70 persen dari jumlah penduduk," pungkas dia. (OL-13)

Baca Juga: Kerugian Sektor Pertanian Akibat Banjir Kalsel Rp216 Miliar

Baca Juga

Ist

Sandiaga Uno Turut Ikuti Tradisi Rambut Gimbal di Desa Sembungan 

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 19:48 WIB
Objek plesiran yang berada di Desa Sembungan tersebut masuk dalam 50 desa terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)...
ANTARA

Vaksinasi PMK Di Sumsel Baru 80% Dari Target

👤Dwi Apriani 🕔Senin 04 Juli 2022, 19:15 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah mendapatkan 12.200 vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari pemerintah...
DOK MI

Pemkab Bandung Barat Data Jumlah Ternak Mati Akibat PMK

👤Depi Gunawan 🕔Senin 04 Juli 2022, 18:43 WIB
PEMKAB Bandung Barat, Jawa Barat masih melakukan pendataan jumlah hewan ternak yang mati karena terjangkit penyakit mulut dan kuku...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya