Minggu 24 Januari 2021, 12:16 WIB

Antisipasi Gagal Panen. Gapoktan di Minta Siagakan Pompa Air

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Antisipasi Gagal Panen. Gapoktan di Minta Siagakan Pompa Air

ANTARA
Ilustrasi pompa air.

 

POTENSI hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Bangka Belitung (Babel). Untuk mengantisipasi petani gagal panen, Dinas pertanian (distan) Babel meminta Gabungan kelompok tani (gakoktan) untuk siagakan pompa air.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Babel, Juaidi mengatakan, akibat hujan lebat, aliran air sungai meluap dan merendam tanaman padi di sejumlah area persawahan di Babel.

"Seperti di Bangka, Bangka selatan, Belitung Timur sudah ada sawah yang terendam banjir akibat hujan lebat," kata Juadi.

Baca Juga: Petani Gagal Panen karena Sawah Terendam Banjir

Hal ini, menurutnya menyebabkan kelompok tani terancam gagal panen. Karena padi yang ditanam ini terendam air sudah berlebihan.

"Permasalahan masih kurang baiknya irigasi menjadi penyebabnya sehingga pembuangan air tidak berjalan baik dan merendam tanaman padi," ujarnya.

Untuk mengatasi hal tersebut. Pihaknya meminta kelompok tani menyiagakan pompa air yang ada, supaya ketika air penuh, bisa dibuang ke tempat lain. "Kalau air sudah mulai merendam padi, upayakan dibuang dengan pompa air. Karena ini salah satu cara mengatasi padi terendam, di tengah kurang baiknya irigasi kita di sejumlah lokasi persawahan saat ini," terangnya.

Ke depannya, menurut Juaidi, pihaknya akan terus berusaha membantu para petani untuk memperbaiki saluran irigasi. "Anggaran kita terbatas, kita akan perbaiki irigasi ini bertahap setiap tahunnya. Selain itu, kita juga berharap bantuan dari pusat," ucap juaidi. (RF/OL-10)

Baca Juga

DOK/PELINDO

Kolaborasi Anak Cucu Pelindo Tingkatkan Produktivitas Pelayanan

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 22:20 WIB
Anak cucu PT Pelindo I-IV sepakat bekerja sama guna meningkakan pelayanan dan produktivitas di sektor...
Dok.MI

KLHK Siapkan Pasal Berlapis kepada 4 Pemburu di Way Kambas

👤Dede Susianti 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 20:40 WIB
Atas perbuatannya mereka akan dijerat dengan hukuman pidana berlapis. Karena saat beraksi mereka menggunakan senjata api dan amunisi secara...
Antara

Esok Ribuan Pelaku Pariwisata Bali Divaksin

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 18:20 WIB
Target penerima vaksinasi ini adalah 5.000 orang. Sebanyak 2.500 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dan 2.500 untuk masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya