Minggu 24 Januari 2021, 10:16 WIB

Kebakaran UPTD Logam Purbalingga, Satu Tewas

Lilik Darmawan | Nusantara
Kebakaran UPTD Logam Purbalingga, Satu Tewas

Dok BPBD PURBALINGGA
Evakuasi korban kebakaran di Purbalingga

 

KEBAKARAN hebat melanda Gedung Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Logam, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (23/1) malam.

Satu orang tewas dan seorang lainnya mengalami luka bakar dalam peristiwa tersebut. Akibat kebakaran itu, kerugian diperkirakan mencapai miliaran.

Korban tewas dalam kejadian kebakaran tersebut adalah Bintara, 22, warga Desa Sokaraja Lor, Kecamatan Sokaraja, Banyumas. Dia ditemukan tewas di kamar blok 18 gedung setempat.

Baca juga: Tanah Longsor dan Pohon Tumbang masih Terjadi di Badung, Bali

Sedangkan korban luka adalah Toto Ariyanto dengan alamat yang sama, kini masih dirawat di RS Siaga Medika.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga Umar Fauzi mengatakan kejadian kebakaran di UPTD logam terjadi pada pukul 21.15 WIB. Begitu terjadi kebakaran, sejumlah mobil pemadam kebakaran (damkar) mendatangi lokasi.

"Sekitar pukul 23.00 WIB, api berhasil dikendalikan. Kebakaran melanda blok 13 hingga 18 Gedung UPTD Logam," jelas Umar.

Menurutnya, kebakaran bermula dari blok 18 yang merupakan tempat  penyimpanan BBM jenis solar. Ada dugaan peristiwa kebakaran itu dipicu
penyalaan korek api. Kemudian api cepat menyebar ke blok lainnya seperti blok 17, 16, 15, 14 dan 13.

"Untuk penyebab pastinya, nanti merupakan kewenangan dari kepolisian yang akan menyelidiki seba-sebab kebakaran tersebut. Kerugian sampai sekarang masih dihitung, namun diperkirakan cukup besar," katanya.

Kerugian akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai miliaran. Namun demikian, Dinperindag akan menghitung secara rinci kerugiannya.

"Kami akan mengumpulkan data dan menginventarisasi kerugian kebakaran di UPTD Logam itu. Total kerugiannya belum bisa dipastikan jumlahnya. Termasuk nantinya bagaimana membangun kembali gedung tersebut," kata Plt Kepala Dinperindag Purbalingga Johan Arifin.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, yang memantau proses pemadaman kebakaran di Gedung UPTD Logam, juga meminta kepada dinas-dinas terkait untuk segera melakukan inventarisasi kerugian dan upaya-upaya yang akan dilakukan. (OL-1)

Baca Juga

Antara/Umarul Faruq

Tulungagung Rencanakan Belajar Tatap Muka Mulai Juli 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Maret 2021, 04:00 WIB
Meski demikian, skenario itu diberlakukan apabila vaksinasi tidak molor, dan semua tenaga pendidik sudah diimunisasi. Jika belum,...
Antara/Rony Muharman

Gubernur Edy Perpanjang PPKM di Sumut

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Maret 2021, 03:40 WIB
"Perpanjangan PPKM di Sumut dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 karena pandemi belum berakhir,"...
Antara/Puspa Perwitasari

Diperiksa Kejari, Ini Penjelasan Mantan Bupati Jember

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Maret 2021, 02:00 WIB
Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember melakukan pemeriksaan terhadap mantan Bupati Jember Faida di salah satu ruangan Pidana Khusus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya