Kamis 21 Januari 2021, 15:19 WIB

Polresta Sidoarjo Bantu Donor Darah Plasma Konvalesen

Heri Susetyo | Nusantara
Polresta Sidoarjo Bantu Donor Darah Plasma Konvalesen

MI/Heri Susetyo
Polresta Sidoarjo lakukan skrining donor darah plasma konvalesen

 

POLRESTA Sidoarjo mengadakan screening donor darah plasma konvalesen kepada 57 anggotanya yang sudah sembuh dari covid-19 guna membantu penyembuhan pada pasien virus korona.

Plasma konvalesen merupakan plasma darah yang diambil dari pasien covid-19 yang telah sembuh. Plasma darah kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi. Jadi, donor darah plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas covid-19 untuk membantu pasien lain yang belum sembuh dari virus tersebut.

"Di tengah terus bertambahnya angka penyebaran covid-19, kami lakukan screening donor darah plasma bagi anggota yang sudah sembuh dari covid-19, nantinya mereka yang memenuhi syarat dapat diteruskan proses donor darahnya. Hal ini sebagai wujud kepedulian Polri bagi masyarakat yang sedang terpapar virus ini," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji, Kamis (21/1).

Baca juga: Donor Plasma Konvalesen Animo Tinggi, Sarana Minim

Kapolresta berharap donor darah dari 57 anggota yang telah memenuhi syarat plasma konvalesen itu sudah membentuk antibodi. Plasma darah yang diberikan diharapkan bisa membentuk antibodi pasien covid-19 lainnya dan melawan infeksi virus.

Sumardji berharap donor plasma konvalesen ini juga dilakukan instansi pemerintah lainnya serta masyarakat yang pernah terpapar virus korona. Hal ini diperlukan untuk membantu mempercepat upaya penanganan covid-19 yang sudah melanda dunia hampir setahun terakhir.

"Semoga upaya ini dapat membantu membantu saudara-saudara kita yang sedang terpapar virus korona. Sehingga laju penyebaran virus dapat segera teratasi," ungkapnya.(OL-5) 

 

Baca Juga

Antara/Adiwinata Solihin

Lapas Kendari Berdayakan Narapidana untuk Kembangkan Pertanian Hidroponik

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:26 WIB
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kendari, Sulawesi Tenggara, memberdayakan narapidana dalam pengembangan pertanian tanaman...
MI/Dwi Apriani

Panglima TNI Tinjau Pelaksanaan Latihan Puncak Super Garuda Shield

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:23 WIB
PANGLIMA TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Panglima Komando Indo Pasifik Admiral John C Aquilino meninjau pelaksanaan latihan puncak...
dok.ist

Ganjar Didoakan Ribuan Santri di Pemekasan untuk Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:20 WIB
TAK kurang dari 2.000 santri yang tergabung dalam Santri Dukung Ganjar Jawa Timur ikut serta dalam gebyar salawat dan doa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya