Minggu 17 Januari 2021, 08:04 WIB

Adaro Kirim ERG dan Logistik ke Daerah Bencana di Kalsel

Denny Susanto | Nusantara
Adaro Kirim ERG dan Logistik ke Daerah Bencana di Kalsel

Dok: Adaro
Bantuan untuk korban banjir di Kalsel

 

BENCANA banjir dan longsor yang melanda 10 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan yang disebut terparah sejak 2006 silam mengundang keprihatinan banyak pihak. Bantuan tanggap darurat baik dari pemerintah maupun swasta terus mengalir, salah satunya dari PT Adaro Indonesia.

Sejak kemarin, perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Tabalong dan Balangan tersebut telah menyalurkan bantuan logistik sembako dan Emergency Respons Group (ERG) untuk membantu evakuasi ke Kabupaten Balangan, Tabalong dan Hulu Sungai Tengah yang mengalami bencana banjir terparah. Adaro juga sedang menyiapkan bantuan serupa ke Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara.

"Banjir tahun ini sangat parah di Kalsel. Kami sudah kirimkan logistik ke 3 kabupaten, termasuk juga tim Emergency Respons Group untuk evakuasi," jelas Departemen Head Community Relations and Mediation PT Adaro Indonesia Djoko Soesilo, Minggu (17/1).

Menurut Djoko, pihaknya memberikan bantuan tidak hanya di wilayah operasional perusahaan, tapi juga yang ada di luar seperti HST, yang memiliki dampak banjir paling parah di Banua Anam.

Baca juga: Status Kalsel Naik Jadi Tanggap Darurat Banjir

Di Kabupaten Balangan, Adaro bersama mitra PT SIS, PT Buma, Pama dan Balangan Coal melakukan droping bantuan ke Polres Balangan untuk kemudian didistribusikan ke warga korban banjir. Sementara dropping logistik ke Tabalong diberikan melalui Dinas Sosial dan bantuan ke Hulu Sungai Tengah diserahkan ke posko induk Stadion Mandingin yang menjadi lokasi pengungsian korban banjir.

Kapolres Balangan AKB Nur Khamid memberikan apresiasi atas kepedulian perusahaan untuk membantu warga korban bencana banjir di wilayahnya. Pada bagian lain pasca kunjungan Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor langsung menginstruksikan bantuan logistik dan peralatan evakuasi berupa perahu karet dari pemerintah pusat ke berbagai titik banjir terparah dan sulit dijangkau di Kalsel.

"Bantuan logistik juga perahu karet harus segera didistribusikan agar dapat segera digunakan mengevakuasi masyarakat yang terjebak banjir," kata Sahbirin.

Pada bagian lain Tim Reaksi Cepat (TRC) BNPB bersama TNI dan Basarnas sejak kemarin mulai turun membantu penanganan korban banjir di Kalsel.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Guguran Lava Pijar Gunung Merapi Masih Terjadi

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 08:34 WIB
Pada pengamatan pukul 00.00-06.00 WIB hari Sabtu (6/3), teramati pula 13 kali guguran lava...
Dok: medcom.id

50 Pasien Covid-19 di Klaten Sembuh, Positif Bertambah 33 Orang

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 08:10 WIB
Hingga saat ini, jumlah akumulatif kasus terkonfirmasi positif covid-19 yakni 5.878...
MI/Hijrah Ibrahim

Menaker Ida Minta BLK Ditutup Jika Hanya Melahirkan Pengangguran

👤Hijrah Ibrahim 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 07:58 WIB
Menteri Ida meminta Balai Latihan Kerja (BLK) di pusat dan daerah agar memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan industri dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya