Selasa 12 Januari 2021, 20:30 WIB

Pembangunan Bendungan Karalloe Mencapai 87 Persen

Mediaindonesia.com | Nusantara
Pembangunan Bendungan Karalloe Mencapai 87 Persen

Antara
Ilustrasi

 

Progres pembangunan Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan sudah mencapai 87 persen dan ditargetkan diresmikan pada 2021.

"Target peresmiannya tahun ini dan progres pembangunannya sudah 87 persen," ujar Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang Adenan Rasyid saat bertemu dengan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di Gowa, Selasa (12/1).

Ia mengatakan, pembangunan bendungan ini dilakukan dua tahap yang berasal dari APBN. Tahap pertama dengan nilai Rp578 miliar dan tahap kedua senilai sekitar Rp689 miliar.

"Untuk paket satu, kontrak tahun 2013 dan selesai di tahun 2019. Untuk paket dua, pelaksanaan konstruksi 25 Mei 2018 hingga 9 Desember 2021. Saat ini progresnya sudah di atas 87 persen," katanya.

Baca juga : https://mediaindonesia.com/nusantara/163401/pembangunan-bendungan-karalloe-tahap-ii-habiskan-rp657-m

Ia menjelaskan bendungan ini memberikan beragam manfaat di antaranya irigasi 7.004 hektare, air baku kurang lebih 440 liter/detik, pembangkit listrik tenaga air kurang lebih 4,5 MW, pengendali banjir, konservasi sumber daya air dan pengembangan pariwisata.

Sasaran dari bendungan ini yakni mampu meningkatkan cadangan air, peningkatan luas tanam dari empat ribu hektare menjadi 7.004 hektare, peningkatan intensitas tanam dari 150 persen menjadi 250 persen dan peningkatan taraf hidup masyarakat.

Adenan Rasyid mengatakan, pengerjaan Bendungan Karalloe tinggal bagian luar dinding bendungan dan mesin operasional.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, pihaknya akan memberikan dukungan penuh dalam penyelesaian pembangunan Bendungan Karalloe yang nantinya akan dinikmati oleh masyarakat.

"Kami selaku Pemerintah Kabupaten siap mendukung proses pembangunannya hingga selesai pengerjaan Bendungan Karalloe. Kita memikirkan kepentingan masyarakat banyak yang akan bisa merasakan manfaat dengan kehadiran bendungan ini, walaupun bukan masyarakat Gowa langsung," ucapnya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/Heri Susetyo

Merasa Dilecehkan, Pasutri di Sidoarjo Lapor Ke Kompolnas

👤Heri Susetyo 🕔Selasa 26 Januari 2021, 12:27 WIB
Pasutri Guntual Laremba dan Tuty Rahayu tersangka kasus pelanggaran UU ITE melaporkan kasus yang menimpa mereka ke Kompolnas karena...
MI/Dwi Apriani

Tol Kayu Agung-Palembang Pangkas 75% Jarak Tempuh

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 26 Januari 2021, 12:19 WIB
Kkeberadaan jalan tol ini dapat menghemat waktu tempuh dari Bakauheuni ke Palembang. Di mana yang biasanya membutuhkan sekitar 12 jam...
ANTARA/Nova Wahyudi

Jokowi: Tol Kayu Agung-Palembang akan Kuatkan Perekonomian Sumatra

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 26 Januari 2021, 12:18 WIB
"Dulu, dari Bakauheni ke Palembang itu jaraknya 337 km. Biasanya ditempuh 12 jam perjalanan. Sekarang hanya perlu waktu 3...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya