Rabu 06 Januari 2021, 07:36 WIB

Selama Libur Nataru, Pertashop di Tol Trans Jawa Laris

Supardji Rasban | Nusantara
Selama Libur Nataru, Pertashop di Tol Trans Jawa Laris

MI/Supardji Rasban
Antrea kendaraan yang akan mengisi BBM di Pertashop.

 

SELAMA musim arus mudik maupun balik libur Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru), Pertashop ramai dipadati kendaraan yang melintas di Tol Trans Jawa untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM).

PT Pertamina, sebelumnya, menambahkan sejumlah layanan tambahan untuk menjamin ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) dan memudahkan masyarakat untuk mengisi BBM, khususnya bagi yang melintas di Tol Trans Jawa tersebut.

Hal itu disampaikan Pejabat sementara (Pjs) Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) Kevin Kurnia Gumilang, melalui keterangan resmi yang diterima Selasa (5/1).

Baca juga: Polres Klaten Gelar Latihan Menembak

"Ada 7 titik Pertashop yang tersedia sejak 19 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021. Di antaranya 4 unit di arah Jakarta menuju Surabaya (Ruas A) KM 252, 275, 456, 519 dan 3 unit di arah Surabaya menuju Jakarta (Ruas B) KM 294, 456, 519," tutur Kevin.

Menurutnya, kehadiran Pertashop juga menarik perhatian pemudik, khususnya yang berasal dari perkotaan karena belum pernah menemui Pertashop di tempat tinggal mereka.   

"Selain memecah antrean pada saat pengisian BBM di SPBU, juga bisa mengenalkan Pertashop kepada masyarakat perkotaan yang belum pernah menemui karena hanya ada di pedesaan," ucap Kevin.

Salah satu pemudik dari Solo yang hendak menuju Jakarta, Rudi, mengaku baru mengetahui tentang Pertashop saat kebetulan beristirahat di Rest Area KM 456.

Dirinya mendatangi Pertashop karena ada penanda layananan isi BBM di sekitar rest area.

"Layanan seperti ini bisa membantu perjalanan menjadi cepat sampai, karena tidak harus mengantre di SPBU," ujar Rudi.

Kevin menyebut, kehadiran Pertashop di Tol Trans-Jawa dimanfaatkan dengan baik oleh pemudik pada masa libur Nataru. Hal tersebut terlihat dari konsumsi harian dari total 7 Pertashop selama 16 hari yang mencapai sekurangnya 13 KL per hari, khusus untuk produk Pertamax.

"Konsumsi tertinggi terdapat di Pertashop Rest Area KM 294 B (tol Pemalang-Batang) yaitu 2,6 KL per hari. Jika dibandingkan berdasarkan produk, konsumsi tersebut mendekati angka konsumsi Pertamax di SPBU reguler Tol Trans Jawa pada masa normal yang mencapai 3 KL per hari, tepatnya di SPBU Rest Area KM 360 B," jelasnya.

Kata Kevin, hal tersebut juga menunjukkan bahwa kebutuhan BBM yang berkualitas seperti Pertamax meningkat selama libur Natal dan Tahun Baru.

"Masyarakat cenderung megisi bahan bakar kendaraannya dengan Pertamax untuk menempuh perjalanan jauh karena kemampuan bahan bakar yang lebih sempurna dilihat dari RON Pertamax yaitu 91," paparnya.

Menurut Kevin, pihaknya akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memilih bahan bakar yang berkualitas sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan mayoritas saat ini yaitu minimal RON 90.

"Selain untuk performa yang lebih baik, bahan bakar yang tepat juga dapat menjaga lingkungan tetap bersih, yaitu dari kadar emisi gas yang lebih sedikit untuk menciptakan kualitas udara yang lebih baik," pungkas Kevin. (OL-1)

 

Baca Juga

Antara

Usai Lari pagi, Wapres Datangi Nelayan Pulau Cangkir

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:45 WIB
Tak hanya menyapa, Ma’ruf dan Wury pun turut membeli ikan-ikan segar yang ditawarkan para...
Ilustrasi

78,68 Persen Warga Bangka Tengah Sudah Divaksinasi Dosis I

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:29 WIB
Ia mengatakan, dari 120.594 warga yang sudah divaksin, baru sebanyak 97.513 warga mendapatkan vaksin...
Dok. Sahabat Ganjar

Sahabat Ganjar Jabar Rebut Simpati Lewat Aksi Sosial 

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:15 WIB
Perwakilan DPW Sahabat Ganjar MIla Kurnia Jawa Barat mengatakan, semua aktivitas dilakukan dengan melakukan kegiatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya