Selasa 29 Desember 2020, 15:20 WIB

Lelang Barang dan Jasa 2020 di Temanggung Turun Dibanding 2019

Tosiani | Nusantara
Lelang Barang dan Jasa 2020 di Temanggung Turun Dibanding 2019

MI/Tosiani
Kantor Pemkab Temanggung

 

LELANG pengadaan barang dan jasa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Jawa Tengah sepanjang tahun 2020 ini jumlahnya cenderung menurun dibanding tahu sebelumnya. Sebab tahun ini dana APBD lebih banyak dialihkan untuk percepatan penanganan Covid-19.

"Kebanyakan dananya untuk refocusing covid-19. Kebanyakan untuk sarpras dan penanganannya melalui BPBD. Dari yang saya pantau paling banyak untuk pengadaan rapid tes di awal pandemi nilainya sampai Rp 2 miliar," kata Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Temanggung, Harnani Imtikhandari, di Temanggung, kemarin.

Harnani menyebutkan, selama tahun 2020 ini pihaknya hanya menangani 56 paket pengadaan barang dan jasa dengan nilai di atas Rp 200 juta per paket. Pagu untuk 56 proyek ini disediakan anggaran Rp 49.7 miliar. Namun nilai kontraknya sebanyak Rp 42.6 miliar.

"Tahun ini lelang pengadaan barang dan jasa antara lain untuk saluran irigasi, jalan, puskesmas, pengadaan alat berat, sarana dan prasarana, serta pemeliharaan jalan,"ujar Harnani.

Jumlah lelang tersebut lebih rendah dari tahun 2019 lalu yang mencapai 153 paket dengan nilai di atas Rp 200 juta per paket. APBD ketika itu menyediakan pagu anggaran senilai Rp 187.9 miliar. Adapun total nilai kontraknya sejumlah Rp 162.5 miliar.

Disebutkan, tahun 2019 pengadaan barang dan jasa dilakukan antara lain untuk pengaspalan jalan Kedu - Tegong, pembangunan Puskesmas Kecamatan Tlogomulyo dan Puskesmas Pare di Kecamatan Kranggan, aspal jalan Dakaran - Kandangan, rehabilitasi dan perluasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sanggrahan, dan pengadaan kambing di peternakan.

"Kami berharap pandemi covid-19 segera berakhir dan ekonomi pulih lagi sehingga Temanggung bisa melakukan banyak pembangunan fisik lagi,"pungkas Harnani. (OL-13)

Baca Juga: Gelar Resepsi Pernikahan Dilarang di Bengkulu Selatan

Baca Juga

ANTARA

PTM Di Palembang Tetap Berlangsung Selama Libur Nataru

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 01 Desember 2021, 18:01 WIB
SESUAI arahan pemerintah pusat, pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Palembang, Sumatera Selatan tetap berlangsung selama...
DOK MI

Polda NTT Terus Gencarkan Serbuan Vaksinasi

👤Palce Amalo 🕔Rabu 01 Desember 2021, 17:51 WIB
POLDA Nusa Tenggara Timur (NTT) terus memberikan pelayanan vaksinasi  covid-19 agar secepatnya terbentuk kekebalan kelompok (herd...
ANTARA/Raisan Al Farisi

Buruh di Jawa Barat Akan Gelar Aksi Lanjutan

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 01 Desember 2021, 17:42 WIB
UNJUK rasa buruh dengan jumlah sangat besar untuk meminta Pemprov Jawa Barat menetapkan upah minimum kabupaten/kota (UMK) sesuai tuntutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya