Sabtu 12 Desember 2020, 16:15 WIB

Tahap Awal Babel Terima 400 ribu Vaksin Covid untuk Petugas Lapang

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Tahap Awal Babel Terima 400 ribu Vaksin Covid untuk Petugas Lapang

dom.medcom
ilustrasi

 

PADA tahap awal Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan mendapatkan 400 ribu dosis vaksin covid-19, dari total kuota yang ditetapkan pemerintah sebanyak 700 ribu dosis vaksin sinovac dari Tiongkok. Namun, kapan vaksin tersebut diterima belum di ketahui kepastiannya

"Ya tahap awal akan dikirim 400 ribu vaksin, tahap selanjutnya 300 ribu vaksin. Tapi kita belum tahun kapan vaksin tersebut dikirim ke Babel," ungkap Kepala dinas kesehatan (Dinkes) Provinsi Babel Mulyono Susanto, Sabtu (12/12).

Mulyono mengatakan bahwa vaksin ini dikelola oleh BUMN Biofarma. Mereka yang akan menginformasikan kapan akan dikirim ke Babel.

Saat ini, ungkap dia, pihaknya sudah menyiapkan beberapa hal sebelum vaksin tiba. Meskipun belum tahu kapan tibanya, persiapan peralatan yang akan di pasang untuk cold room telah dilakukan.

Ia menyebutkan, Cold room atau ruang dingin merupakan penyimpanan vaksin dalam jumlah banyak merupakan bantuan dari Kemenkes, pemasanganya nanti dibidang farmasi.

Terkait pelaksanaan dan teknis vaksinasi, diakui Mulyono, pihaknya belum memperoleh petunjuk dari pusat. "Nanti ada tahapan-tahapan (jumlah orang yang akan divaksin-red), prioritas pertama itu tenaga kerja dan ASN yang berada di lapangan, data-data sudah kita kumpulkan,"ungkap dia.

Sementara, Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, Provinsi Babel, Mikron Antariksa mengatakan 400 ribu dosis vaksin Covid-19 pada tahap awal ini akan ditujukan dengan skala prioritas untuk petugas kesehatan yang berdampak langsung, petugas TNI/Polri, Satgas Medis, dan yang terpapar Covid-19 serta peserta BPJS Kesehatan

Mikron Antariksa menjelaskan vaksin ini akan mengenali virus kemudian membangun sistem imun sehingga akan mengebalkan tubuh dari serangan virus corona ini. (OL-13)

Baca Juga: Pasien Covid Melonjak Pemkot Tasikmalaya Sewa Hotel untuk Isolasi

Baca Juga

Antaranews.com

Dosen Universitas Siliwangi Bantu Budidaya Ikan Warga untuk Ketahanan Pangan

👤Kristiadi 🕔Selasa 30 November 2021, 06:38 WIB
Agar perekonomian warga Desa Tawangbanteng, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya bisa kembali bangkit di masa...
Antara

Antisipadi Banjir, Mensos Berencana Bangun Lumbung Sosial di Garut

👤Kristiadi 🕔Selasa 30 November 2021, 06:17 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengintruksikan supaya pemerintah Kabupaten Garut membangun lumbung...
ANTARA/Aprillio Akbar

Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara

👤Lina Herlina 🕔Senin 29 November 2021, 23:10 WIB
MAJELIS Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Makassar, Sulawesi Selatan menjatuhkan hukuman lima tahun penjara dan denda Rp500 juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya