Jumat 04 Desember 2020, 14:50 WIB

Target Kunjungan Wisatawan Yogyakarta Meleset Jauh

Ardi T Hardi | Nusantara
Target Kunjungan Wisatawan Yogyakarta Meleset Jauh

MI/Ardi T Hardi
Kawasan Malioboro, Yogyakarta yang biasanya ramai wisatawan, saat ini sepi karena pandemi korona.

 

KEPALA Dinas Pariwisata Kota Yogya, Maryustion Tonang memperkirakan, sampai dengan akhir tahun 2020, jumlah kunjungan wisatawan di Kota Yogyakarta sebesar 1.100.000 wisatawan. Jumlah itu hanya sekitar 27,5 persen dari yang ditargetkan, yaitu sebesar 4.000.000 wisatawan sepanjang 2020.

"Kondisi tersebut ditambah dengan belum pulihnya aktifitas pendidikan, khususnya di perguruan tinggi, sehingga aktifitas kurang lebih 250.000 pelajar di Kota Yogyakarta juga berkurang," kata dia.

Pihaknya terus berusaha meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jogja, misalnya dengan menggelar travel dialog/table top di Semarang, Jawa Tengah. Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mempertemukan pengusaha pariwisata dari Kota Yogyakarta dengan pelaku usaha pariwisata di Semarang sehingga terjadi transaksi untuk membawa wisatawan berkunjung ke Kota Yogyakarta.

"Melalui kegiatan travel dialog dan table top di luar daerah ini, kami ingin mengenalkan sekaligus mempromosikan berbagai objek wisata unggulan dan wisata baru di Kota Yogyakarta," kata dia dalam siaran persnya, Jumat (4/12).

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyampaikan, salah satu yang ditempuh pemkot untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi warga adalah dengan membuat jalur wisata sepeda. Banyak potensi perkampungan di Kota Yogya yang belum banyak dikenal masyarakat luas.

Dengan adanya jalur wisata sepeda ini, ia berharap potensi-potensi yang ada wilayah dapat terangkat. "Kami memanfaatkan moment tren bersepeda di Kota Yogyakarta yang sedang naik daun, jika para pesepeda itu dapat diarahkan untuk melintasi kampung-kampung, maka juga dapat berpotensi meningkatkan ekonomi masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan," jelas Heroe.

Wisata Kota Yogya dengan gowes Kampung, kata dia, adalah wisata yang santai. Para pesepeda dapat menikmati keramahan Jogja dari sisi terdalam, yaitu kampung. Karena rute ini adalah rute blusukan kampung untuk menemukan potensi yang asli dari Kota Yogyakarta. (OL-13)

Baca Juga: Prihatin, di Pelabuhan Lorens Say Prokes Diabaikan

Baca Juga

dok.mi

KPU Sumenep: Achmad Fauzi-Dewi Khalifah Pemenang Pilkada 2020

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 02:35 WIB
KPU Sumenep, Jawa Timur menetapkan Achmad Fauzi-Dewi Kholifah sebagai pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep terpilih berdasarkan...
MI/Solmi

Puluhan Alat Berat Penambang Ilegal Bebas Beroperasi di Aceh Barat

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Minggu 24 Januari 2021, 01:45 WIB
SEKITAR 100 unit alat berat eskavator jenis becho masih beroperasi melakukan penambangan ilegal di kawasan hutan lindung Kabupaten Aceh...
MI/Gabriel Langga

Longsor Isolir Sepuluh Desa di Ende

👤Gabriel Langga 🕔Minggu 24 Januari 2021, 00:25 WIB
AKIBAT longsor yang terjadi di Desa Ranggase, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, memutus transportasi di sepuluh desa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya