Jumat 04 Desember 2020, 14:50 WIB

Target Kunjungan Wisatawan Yogyakarta Meleset Jauh

Ardi T Hardi | Nusantara
Target Kunjungan Wisatawan Yogyakarta Meleset Jauh

MI/Ardi T Hardi
Kawasan Malioboro, Yogyakarta yang biasanya ramai wisatawan, saat ini sepi karena pandemi korona.

 

KEPALA Dinas Pariwisata Kota Yogya, Maryustion Tonang memperkirakan, sampai dengan akhir tahun 2020, jumlah kunjungan wisatawan di Kota Yogyakarta sebesar 1.100.000 wisatawan. Jumlah itu hanya sekitar 27,5 persen dari yang ditargetkan, yaitu sebesar 4.000.000 wisatawan sepanjang 2020.

"Kondisi tersebut ditambah dengan belum pulihnya aktifitas pendidikan, khususnya di perguruan tinggi, sehingga aktifitas kurang lebih 250.000 pelajar di Kota Yogyakarta juga berkurang," kata dia.

Pihaknya terus berusaha meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jogja, misalnya dengan menggelar travel dialog/table top di Semarang, Jawa Tengah. Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mempertemukan pengusaha pariwisata dari Kota Yogyakarta dengan pelaku usaha pariwisata di Semarang sehingga terjadi transaksi untuk membawa wisatawan berkunjung ke Kota Yogyakarta.

"Melalui kegiatan travel dialog dan table top di luar daerah ini, kami ingin mengenalkan sekaligus mempromosikan berbagai objek wisata unggulan dan wisata baru di Kota Yogyakarta," kata dia dalam siaran persnya, Jumat (4/12).

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyampaikan, salah satu yang ditempuh pemkot untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi warga adalah dengan membuat jalur wisata sepeda. Banyak potensi perkampungan di Kota Yogya yang belum banyak dikenal masyarakat luas.

Dengan adanya jalur wisata sepeda ini, ia berharap potensi-potensi yang ada wilayah dapat terangkat. "Kami memanfaatkan moment tren bersepeda di Kota Yogyakarta yang sedang naik daun, jika para pesepeda itu dapat diarahkan untuk melintasi kampung-kampung, maka juga dapat berpotensi meningkatkan ekonomi masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan," jelas Heroe.

Wisata Kota Yogya dengan gowes Kampung, kata dia, adalah wisata yang santai. Para pesepeda dapat menikmati keramahan Jogja dari sisi terdalam, yaitu kampung. Karena rute ini adalah rute blusukan kampung untuk menemukan potensi yang asli dari Kota Yogyakarta. (OL-13)

Baca Juga: Prihatin, di Pelabuhan Lorens Say Prokes Diabaikan

Baca Juga

ANTARA

Ada Naga 38 Meter di Cap Go Meh Putussibau

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:51 WIB
Sebelum berkeliling di pusat Kota Putussibau, naga sepanjang 38 meter itu terlebih dahulu melakukan ritual di depan Klenteng atau Pekong...
MI/Mitha Meinansi

Menutup Imlek 2023 Etnis Tionghoa di Sulteng Rayakan Cap Go Meh

👤Mitha Meinansi 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:45 WIB
KOMUNITAS Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Sulawesi Tengah, bersuka cita dalam acara malam ramah tamah Imlek sebagai penutup dari...
Dok. DPR RI

Legislator : Waduk dan Kolam Retensi Bisa Atasi Potensi Banjir

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:30 WIB
Anggota dari Fraksi PPP itu menambahkan, pihaknya mengunjungi maros untuk memberikan dukungan agar perencanaan untuk menyelesaikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya