Rabu 02 Desember 2020, 17:41 WIB

Pasien Covid-19 di Tasikmalaya Masuk Daftar Tunggu Perawatan

Kristiadi | Nusantara
Pasien Covid-19 di Tasikmalaya Masuk Daftar Tunggu Perawatan

DOK MI
Ilustrasi

 

MENINGKATNYA kasus pasien positif covid-19 di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, membuat seluruh ruangan isolasi rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Soekardjo dan rumah susun sewa (Rusunawa) Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya penuh.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf mengatakan saat ini, ada 30 pasien positif Covid-19 masuk dalam daftar tunggu di RSUD dr Soekardjo dan rumah sakit swasta.

Seluruh ruangan isolasi sudah penuh hingga 30 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 masuk dalam daftar tunggu ruang isolasi di rumah sakit. Kami juga sekarang ini berupaya akan melakukan rapat koordinasi dengan tim satuan tugas Covid-19 terutama melakukan langkah penanganan ke depan," katanya, Rabu (2/12).

Ia mengatakan, Pemkot Tasikmalaya akan melakukan beberapa langkah terkait penuhnya ruangan perawatan dan isolasi. Selain puluhan pasien yang masuk daftar tunggu, Pemkot Tasikmalaya mengantisipasi tambahan lonjakan pasien  

"Kita masih menunggu hasil tracing terhadap 42 orang kontak erat dengan beberapa klaster yang muncul di Kota Tasikmalaya, mulai dari keluarga, pesantren, dan tempat kebugaran. Walau demikian, gugus tugas akan terus melakukan swab test secara masif di setiap lokasi," ujarnya.

Menurutnya, penuhnya ruang isolasi berada di Kota Tasikmalaya membuat pemerintah Kota Tasikmalaya harus menyiapkan langkah yakni anggaran sewa hotel diperuntukan untuk para pasien terkonfirmasi positif dan ruangan itu juga harus semuanya memakai CCTV.

"Kami akan mengajukan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berkaitan dengan ruang isolasi covid-19 agar semuanya itu bisa ditangani. Mudah-mudahan saja, bisa mengcover untuk pembiayaan sewa hotel dan itu setiap bulan diperkirakan menghabiskan antara Rp100 juta," paparnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 tercatat 744 kasus di antaranya 432 orang sembuh, 285 pasien dirawat di ruangan isolasi dan 27 orang meninggal dunia. (R-1)

Baca Juga

dok.mi

KPU Sumenep: Achmad Fauzi-Dewi Khalifah Pemenang Pilkada 2020

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 02:35 WIB
KPU Sumenep, Jawa Timur menetapkan Achmad Fauzi-Dewi Kholifah sebagai pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep terpilih berdasarkan...
MI/Solmi

Puluhan Alat Berat Penambang Ilegal Bebas Beroperasi di Aceh Barat

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Minggu 24 Januari 2021, 01:45 WIB
SEKITAR 100 unit alat berat eskavator jenis becho masih beroperasi melakukan penambangan ilegal di kawasan hutan lindung Kabupaten Aceh...
MI/Gabriel Langga

Longsor Isolir Sepuluh Desa di Ende

👤Gabriel Langga 🕔Minggu 24 Januari 2021, 00:25 WIB
AKIBAT longsor yang terjadi di Desa Ranggase, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, memutus transportasi di sepuluh desa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya