Selasa 01 Desember 2020, 04:35 WIB

Orangtua Lengah, Bayi Dua Tahun Digigit Ular

Depi Gunawan | Nusantara
Orangtua Lengah, Bayi Dua Tahun Digigit Ular

MI/Depi Gunawan
.

 

PERINGATAN kepada para orangtua untuk selalu menjaga anak-anaknya ketika bermain di luar rumah. Jangan sampai lengah sehingga membiarkan anak tertimpa hal yang bisa membahayakan dirinya.

Itu dialami NN, warga Kampung Singapura, RT 01/13, Desa Sumur Bandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Bayi yang masih berusia 2 tahun itu terpaksa harus menjalani perawatan intensif di RSUD Cibabat Kota Cimahi karena jari tangan kanannya digigit ular jenis bunga brahma.

"Kejadiannya Rabu (25/11) sekitar pukul 18.00 WIB, sebelum magrib. Tiba-tiba anak saya teriak kesakitan setelah memegang pagar," kata Asep Saepuloh, 43, ayah NN, di RSUD Cibabat, Senin (30/11).

Saat NN bermain di luar rumah, sang ibu sedang mengangkat jemuran dan Asep hendak menjalankan salat. Orangtuanya mengira NN disengat lebah hingga mengalami luka berdarah. Ternyata ia telah digigit ular berwarna hijau.

Asep dan istrinya, Ai Kurniawati, kemudian membawa NN ke klinik terdekat. Tapi ia disarankan dibawa ke rumah sakit karena lukanya cukup parah. NN terpaksa dibawa kembali ke klinik karena biaya perawatan rumah sakit terlalu mahal.

"Sudah coba diobati pawang ular, tapi enggak ada perubahan. Untungnya kami mendapat bantuan dari komunitas reptil sehingga anak saya bisa dirawat di RS Cibabat. Sekarang kondisinya mulai membaik," ucapnya.

Plt Direktur Utama RSUD Cibabat, Reri Marliah, mengungkapkan, NN datang ke rumah sakit pada Sabtu (29/11). Dia langsung ditangani dokter spesialis bedah dan sudah diberi terapi antibiotik dan antibisa.

"Sebetulnya dia agak telat dibawa ke rumah sakit, tapi sekarang sudah ditangani dokter spesialsis," terang Reri. Sampai saat ini, pasien balita tersebut masih dalam tahapan observasi.

Kondisinya pun berangsur membaik. Reri berharap kondisinya tetap stabil dan tidak sampai mengalami hal terburuk seperti harus dilakukan tindakan operasi amputasi.

"Waktu dibawa ke sini tangannya bengkak, agak kebiru-biruan. Mudah-mudahan tidak ada efek lain dan anaknya bisa lekas sembuh," tambahnya. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Abriawan Abhe

Update Gempa Sulbar, Korban Meninggal Jadi 73 Orang

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 17 Januari 2021, 20:16 WIB
Rinciannya, 64 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 9 orang di Kabupaten Majane. Warga diimbau tetap tenang dan selalu...
MI/Yoseph Pencawan

Dituduh Plagiat, Ini Klarifikasi Rektor USU Muryanto

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Minggu 17 Januari 2021, 20:00 WIB
Muryanto menegaskan bahwa kasus tersebut telah diselidiki sejak Januari hingga Desember 2020. USU juga telah membentuk tim khusus untuk...
ANTARA

69 Nakes di Manggarai Terpapar Covid-19

👤Yohanes Manasye 🕔Minggu 17 Januari 2021, 19:45 WIB
Dari 800 nakes yang menjalani pemeriksaan, terdapat 69 orang terpapar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya