Rabu 25 November 2020, 11:48 WIB

Anggaran Rp280 Miliar Untuk Infrastruktur Jalan Bandung Barat

Depi Gunawan | Nusantara
Anggaran Rp280 Miliar Untuk Infrastruktur Jalan Bandung Barat

MI/Depi Gunawan
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bandung Barat, Maman Sulaeman.

 

PEMKAB Bandung Barat merencanakan akan memulai pengerjaan proyek infrastruktur jalan pada Januari 2021. Total anggaran yang dipersiapkan mencapai kurang lebih Rp280 miliar. Ruas jalan yang jadi fokus perbaikan di antaranya jalur yang berada di wilayah selatan, seperti Jalan Selacau-Cililin, Cililin- Sindangkerta, Sindangkerta-Celak, Celak-Gununghalu, Bunijaya- Cilangari serta beberapa ruas jalan lainnya yang nilainya diatas Rp30 miliar/ruas jalan.

"Yang saya tahu total nilainya kurang lebih Rp280 miliar. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sekarang sedang mempersiapkan secara teknis," ungkap Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bandung Barat, Maman Sulaeman, Rabu (25/10).

Sesuai perintah bupati, kata dia, setelah pemenang tender keluar di akhir bulan ini, awal tahun depan perbaikan infrastruktur bisa langsung dikerjakan. Bukan hanya ruas jalan, beberapa jembatan juga rencananya akan juga turut diperbaiki.

"Untuk wilayah selatan nanti, tidak ada lagi legok batu. Karena nilainya juga tinggi, kondisi jalannya harus berkualitas, dibeton," kata Maman.

Dia menyebutkan, perbaikan infrastruktur sekaligus juga akan langsung dengan melebarkan ruas jalan hingga 8 meter. Oleh karena itu, pihaknya mengajak warga agar bersedia menghibahkan sebagian lahannya untuk dibangun sebagai akses jalan.

"Kalau ada warga, terutama PNS atau aparatur lainnya yang mendukung ini, silahkan berpartisipasi, hibah ke Bandung Barat. Karena gini, dengan sarana prasarana diperbaiki, jalan bagus, otomatis nilai ekonominya akan naik. Di sana kan ada Curug Malela, ada beberapa wisata baru yang bisa menghasilkan PAD," tuturnya.

baca juga: Masyarakat Perlu Diberi Pemahaman Tentang Program Kesehatan Gratis

Sebelumnya, sejumlah warga pernah mengeluhkan kerusakan jalan di wilayah selatan Bandung Barat. Pemerintah beralasan, perbaikan jalan terhambat karena kebijakan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

"Kami meminta warga bersabar dan paham dengan kondisi saat ini karena anggaran infrastruktur disetop untuk penanganan Covid-19," ucap Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan beberapa waktu lalu. (OL-3)

Baca Juga

dok.mi

KPU Sumenep: Achmad Fauzi-Dewi Khalifah Pemenang Pilkada 2020

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 02:35 WIB
KPU Sumenep, Jawa Timur menetapkan Achmad Fauzi-Dewi Kholifah sebagai pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep terpilih berdasarkan...
MI/Solmi

Puluhan Alat Berat Penambang Ilegal Bebas Beroperasi di Aceh Barat

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Minggu 24 Januari 2021, 01:45 WIB
SEKITAR 100 unit alat berat eskavator jenis becho masih beroperasi melakukan penambangan ilegal di kawasan hutan lindung Kabupaten Aceh...
MI/Gabriel Langga

Longsor Isolir Sepuluh Desa di Ende

👤Gabriel Langga 🕔Minggu 24 Januari 2021, 00:25 WIB
AKIBAT longsor yang terjadi di Desa Ranggase, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, memutus transportasi di sepuluh desa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya