Rabu 11 November 2020, 20:50 WIB

Warga Jatim Diminta Waspada Banjir Debit Sungai Naik

Faishol Taselan | Nusantara
Warga Jatim Diminta Waspada Banjir Debit Sungai Naik

Antara
Banjir di Sampang Madura akibat sungai meluap saat musim hujan.

 

SEBANYAK 370 sungai yang tersebar di sejumlah daerah di Jawa Timur mengalami kenaikan debit air, akibat hujan dalam beberapa hari di Jatim.

"Warga Jawa Timur hendaknya meningkatkan kewaspadaan pada saat musim hujan seperti sekarang ini, terutama warga yang tinggal di area sungai atau dekat dengan bantaran sungai," kata  Kasi Operasi Sungai, Waduk dan Pantai, Dinas PU Sumber Daya Air Provinsi Jatim, Titin Suhartini di Surabaya, Rabu (11/11).

Ke 370 sungai yang tersebar dibeberapa daerah, namun yang sering mengalami banjir setiap tahun pada saat musim hujan adalah wilayah timur Jatim, seperti Bondowoso, Lumajang, Pasuruan juga Madura. Bila debit air tinggi, air sungai mudah meluap dan membanjiri rumah warga , seperti yang terjadi di Kabupaten Pasuruan beberapa hari lalu.
      
"Yang bisa dilakukan oleh Dinas PU Pengairan hanya melakukan normalisasi sungai dan menurunkan pompa untuk menyedot air," katanya.

Baca juga: 13 Kabupaten di Jatim Dilanda Banjir

Namun demikian, saat ini banyak juga sungai, terutama di daerah hulu yang mengalami kritis sehingga perlu dilakukan konservasi.

Menurut dia, dari 370 sungai yang ada di Jatim kebanyakan berada di wilayah timur sehingga daerah yang rawan banjir mulai dari Bondowoso, Lumajang, Pasuruan dan tidak menutup kemungkinan daerah Madura.

Dengan anggaran yang sangat terbatas, maka upaya yang dilakukan oleh Dinas PU Pengairan sangat terbatas dengan melakukan normalisasi sungai dan menurunkan pompa bila terjadi banjir serta berkoordinasi dengan kabupaten/kota.(OL-13)

Baca Juga: 24 Wilayah di Jawa Dilanda Banjir Rob dan Gelombang Pasang

 

Baca Juga

dok.humas

Ganjar Pranowo Terima Curhatan Kades-Petani Tembakau di Lampung

👤Haryanto 🕔Minggu 23 Januari 2022, 06:36 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bertemu dengan petani tembakau dan DPC Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)...
MI/Adam Dwi

Beasiswa OSC Medcom.id Jembatan Raih Pendidikan Berkualitas

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:25 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id menjadi jembatan bagi para pelajar di Tanah Air untuk meraih pendidikan...
DOK Sicepat.

Cegah Tsunami, Puluhan Ribu Pohon Ditanam pada Pantai Pangandaran

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:34 WIB
Kegiatan tersebut akan sangat mendukung berbagai ekosistem di wilayah hutan pantai Karang Tirta. Hal ini akan menjadi benteng pertahanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya