Senin 09 November 2020, 07:33 WIB

Kaltara Gandeng Perusahaan Atasi 20.867 Pengangguran

Mediaindonesia.com | Nusantara
Kaltara Gandeng Perusahaan Atasi 20.867 Pengangguran

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Pencari kerja sedang menjalani wawancara dalam bursa kerja dilaksanakan oleh 27th Career Days UGM 2020 di Jogja Expo Center. (ilustrasi)

 

PEMPROV Kalimantan Utara melibatkan sejumlah perusahaan untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan atau pengangguran mencapai 20.867 orang, baik program magang, pelatihan maupun bursa kerja. 
  
"Kita libatkan sejumlah perusahaan untuk atasi jumlah pengangguran di provinsi ini sebanyak 20.867 orang dengan angkatan kerja sebanyak 369.526 orang," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) Kaltara, Armin Mustafa di Tanjung Selor, Minggu (9/11).

Program pemagangan dilakukan selama lima bulan pada setiap perusahaan. Program ini dengan formasi jabatan meliputi antara lain mekanik dan pembantu mekanik, administrasi, resepsionis dan elektrikal. Sedangkan pelatihan ketenagakerjaan dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK) maupun bekerja sama dengan pihak swasta atau wirausaha.
  
Pihaknya juga melakukan sosialisasi ke perusahaan terkait penempatan tenaga kerja di wilayah Kaltara. Disnaker Kaltara mencatat program pelatihan sudah terlaksana antara lain seperti menjahit masker 60 orang dan tata boga 30 orang di Bulungan. Selain itu, menjahit masker 30 orang di Kota Tarakan serta pelatihan tata boga 60 orang di Nunukan. Kegiatan lain, pelatihan alat berat bagi 16 orang di Jakarta, serta pemagangan dalam negeri untuk 67 orang yang ditempatkan di 16 perusahaan.

baca juga: 1,02 Juta Pekerja di Sumut Alami Pengurangan Jam Kerja
  
Upaya lain mengatasi puluhan ribu pencari kerja itu melalui job fair (bursa kerja). Khusus program ini, Kaltara sudah melaksana tiga kali bursa kerja sejak 2018. Kegiatan ini dimulai pada 2018 digelar di di Loka Latihan Kerja (LLK) Tarakan melibatkan sembilan perusahaan yang membuka lowongan kerja dengan total 42 jabatan. Total pencari kerja yang menyertai job fair 2018 mencapai 450 orang.
  
Pada 2019, tercatat sebanyak 2.130 pencari kerja meramaikan job fair yang juga digelar di Kota Tarakan. Pada 2020, acara yang sama segera digelar di Tanjung Selor. (Ant/OL-3)

Baca Juga

Medcom

Empat Kasus Kekerasan terhadap Pers Terjadi di Sumut Sebulan Terakhir

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:58 WIB
Sebelum kasus pembunuhan Marsal, pada 29 Mei 2021 rumah seorang jurnalis bernama Abdul Kohar Lubis di Kota Pematangsiantar diteror...
DOK

Apps Sumut Bersinar, Cara Baru Polda Sumut Perangi Marak Narkoba

👤 Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:50 WIB
Adalah AKBP Fadris SR Lana, Kasubdit III Ditres Narkoba Polda Sumut, yang menjadi sosok sentral di balik aplikasi...
DOK

Proses Hukum Kasus Narkoba Sekda Nias Utara Diminta tetap Berjalan

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 22 Juni 2021, 22:40 WIB
Sebagai ASN tertinggi di Nias Utara seharusnya Yafeti menjadi teladan bagi masyarakatnya. Bukan malah melakukan tindakan tidak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya