Selasa 27 Oktober 2020, 11:57 WIB

Banjir Landa Cilacap, Ratusan Warga Dievakuasi

Lilik Darmawan | Nusantara
Banjir Landa Cilacap, Ratusan Warga Dievakuasi

MI/Lilik Darmawan
Banjir rob melanda Desa Tegalkatilayu, Cilacap Selatan, Mei 2020.

 

HUJAN deras yang mengguyur wilayah Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) memicu terjadinya banjir di sejumlah desa di Kecamatan Kroya. Yang paling terdampak adalah Desa Gentasari dan Mujur Lor. Berdasarkan pemantauan mediaindonesia.com, tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus melakukan evakuasi terhadap warga yang masih bertahan di rumah-rumah. Sebab, banjir yang terjadi di kedua desa ketinggiannya telah mencapai 40 cm hingga 1,5 meter. Praktis, kegiatan warga mandek.

"Sampai sekarang, kami masih terus melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak. Di Desa Gentasari, ada 209 KK atau 608 jiwa. Sedangkan di Desa Mujur Lor terdapat 800 KK yang terdampak. Upaya yang paling awal adalah dengan menngsungsikan warga. Salah satunya di tempat pengungsian MI Muhammadiyah di Gentasari," jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Cilacap Arif Pratomo di lokasi banjir, Selasa (27/10).

Dijelaskan oleh Arif, banjir lain di luar Kecamatan Kroya terjadi di Kecamatan Maos dan Sampang. Namun demikian, yang paling parah berada di Kecamatan Kroya, karena sampai ada evakuasi warga akibat tingginya banjir. Sementara dari Kebumen dilaporkan, banjir juga sempat melanda sejumlah kecamatan di Kebumen akibat jebolnya tanggul beberapa sungai. Paling berdampak adalah jebolnya tanggul Sungai Telomoyo sepanjang 45 meter yang mengakibatkan banjir setinggi 30 cm hingga 1 meter. 

baca juga: Banjir dan Longsor Landa Empat Daerah di Sumsel

"Paling parah memang di Kecamatan Puring, karena ada 995 warga Desa Madureja yang mengungsi. Selain itu, ada 300 warga Desa Sidobunder yang mengungsi ke rumah panggung," kata Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz.

Selain banjir di Kecamatan Puring, banjir juga melanda sejumlah kecamatan lainnya seperti Prembun, Kebumen, Alian, Karanganyar, Adimulyo, Sempor. Ada juga bencana longsor di sejumlah tempat. Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut. (OL-3)

Baca Juga

DOK MI

KPU DIY Pastikan Petugas KPPS Bebas dari Covid-19

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 November 2020, 23:25 WIB
KPU DIY memastikan seluruh anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas pada pilkada bebas daru infeksi...
dok.MI

Tingkat Kesembuhan Covid di Padang Capai 89,9%

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 28 November 2020, 20:45 WIB
DINAS Kesehatan Kota Padang mencatat tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Padang mencapai...
MI/Wdjajadi

Tidak Berizin, Baliho Rizieq Syihab di Bangkalan Diturunkan

👤Muhamad Ghazi 🕔Sabtu 28 November 2020, 18:16 WIB
Penurunan dilakukan karena baliho dan spanduk tersebut tidak berizin dan sebagian terpasang di daerah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya