Kamis 21 Mei 2020, 11:42 WIB

Banjir dan Longsor Landa Empat Daerah di Sumsel

Dwi Apriani | Nusantara
Banjir dan Longsor Landa Empat Daerah di Sumsel

MI/Dwi Apriani
Banjir juga terjadi di Ogan Komering Ulu Selatan yang merendam rumah warga, sawah dan sekolah.

 

SEBANYAK empat kabupaten dan kota di Sumatra Selatan mengalami bencana banjir dan longsor. Hal itu dipicu karena hujan deras yang sejak Selasa hingga kini melanda hampir di semua daerah, dan menyebabkan sungai-sungai meluap. Empat daerah itu, yakni Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas Utara, Kabupaten OKU Selatan dan Kabupaten Empat Lawang. 

Kabid Penanganan Kebencanaan, Ansori menjelaskan saat ini memang bencana banjir, longsor dan angin puting beliung kerap terjadi mengingat curah hujan cukup besar di sejumlah daerah.

"Dari laporan kami, ada empat daerah yang alami bencana banjir dan longsor," kata Ansori, Kamis (21/5).

Dijelaskan Ansori, di OKU Selatan terjadi banjir bandang di desa Mahanggin Kecamatan Muara Dua. Ada 14 KK yang rumahnya terdampak banjir dan satu sekolahan yang juga terendam. Juga terdata ada sekitar 3,5 hektar sawah yang terendam dan terancam gagal panen.

"Banjir ini diakibatkan karena memang curah hujan tinggi, dan ini merupakan dataran rendah sehingga terjadi banjir. Meski mengakibatkan rumah warga terendam, kami belum menerima adanya korban jiwa. Saat ini warga masih menempati rumahnya dan mengupayakan pembersihan," ucapnya.

BPBD setempat telah memberikan bantuan pertolongan berupa pangan, serta membuat posko darurat dan tenda pengungsian. Untuk banjir di Kabupaten Musi Rawas Utara, terlapor terjadi di dua kecamatan yakni Karang Dapo dan Rawas Ilir. Dua daerah ini, kata Ansori, memang merupakan daerah langganan banjir.

"Banjir ini juga disebabkan intensitas hujan yang tinggi, sehingga Sungai Air Saka meluap hingga ke pemukiman warga yang lokasinya tidak jauh dari bibir sungai," kata Ansori.

baca juga: 109 Tenaga Medis di RSUD Ogan Ilir Dipecat

Banjir dengan ketinggian satu meter ini cukup sulit diakses. Namun BPBD telah mengupayakan mengirim bantuan logistik, pangan dan obat-obatan. Sementara itu, di Kabupaten Empat Lawang terjadi bencana longsor di tiga desa di Kecamatan Pendopo Barat. Yakni Desa Tanjung Raya, Desa Lengge, dan Desa Rantau Dodor. 

"Ada lima rumah rusak berat, dan terlapor tidak ada korban jiwa," jelasnya. (OL-3)

Baca Juga

Istimewa

Istri Wali Kota Tidore Kepulauan Tutup Usia Karena Korona

👤Hijrah Ibrahim 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:15 WIB
Sulama Ali Ibrahim, istri wali kota Ternate Kepualauan tutup usia setelah berjuang untuk sembuh dari covid-19 di RSUD Chasan Boesoirie,...
 ANTARA FOTO/Gusti Tanati

Ada 355 Kasus Covid-19 di Jayapura, Tertinggi di Papua

👤Antara 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:00 WIB
Secara keseluruhan saat ini jumlah positif covid-19 di Papua tercatat 815 kasus. Adapun Kota Jayapura saat ini tertinggi jumlah kasus...
MI/Martinus Solo

Kasus Covid-19 di Papua Barat Terus Meningkat, Perlu Aturan Tegas

👤Martinus Solo 🕔Senin 01 Juni 2020, 07:55 WIB
Kasus covid-19 di Papua Barat didominasi oleh orang tanpa gejala (OTG). Saat ini ada 125 pasien covid-19 di sana berasal dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya