Selasa 27 Oktober 2020, 06:58 WIB

Empat Harimau Berkeliaran dekat Permukiman Warga di Aceh Tenggara

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Empat Harimau Berkeliaran dekat Permukiman Warga di Aceh Tenggara

Ist
Harimau liar yang terperangkap sangkar beberapa waktu lalu

 

DUA induk harimau liar dan dua anaknya berkeliaran di kawasan hutan dekat permukiman warga Desa Mbarung, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh. Keberadaannya yang diketahui sudah seminggu itu mulai membuat warga takut beraktivitas di kebun setempat.

Apalagi hewan buas berkuku dan bergigi panjang itu sempat kepergok saat mondar-mandir keluar masuk hutan. Padahal di lokasi lereng pengunungan itu banyak kebun durian dan tanaman kakao petani.

"Semuanya ada empat ekor yang berkeliaran sekitar hutan. Dua induk harimau itu masing-masing bersama anaknya yang masih kecil," kata tokoh masyarakat Aceh Tenggara Ibnu, Senin (26/10).

Baca juga:  BKSDA Aceh Selamatkan Harimau Sumatra Terkena Jerat

Sebelum terjadi konflik fisik dengan manusia, mereka berharap pihak BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) segera melakukan pencegahan. Dikhawatirkan akan terjadi kontak fisik saat terkepergok dengan petani. Apalagi itu merupakan harimau betina dewasa yang masih menyusui anaknya.

Catatan Media Indonesia, sejak sebulan terakhir, hewan liar kerap berpapasan dengan warga. Misalnya harimau di Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan. Kemudian, orangutan di Kluet Timur Aceh Selatan dan beruang madu di Kecamatan Linge, Kabupaten Bener Meriah.

Seringnya hewan buas itu turun ke dekat perkampungan diduga karena kerusakan hutan yang menjadi habitatnya sudah semakin parah di Aceh. Bahkan penebangan hutan dan tambang emas ilegal disebut memiliki jaringan kuat secara terorganisir.(OL-5)

Baca Juga

MI/Surya Sriyanti

Pabrik Air Raksa Ilegal di Palangka Raya Digrebek

👤Surya Sriyanti 🕔Kamis 03 Desember 2020, 14:50 WIB
APARAT Subdit Tipiter Direktorat Kriminal Khusus Polda Kalteng membongkar dan menggerebek pengolahan industri rumahan pembuatan air raksa...
Antara

Program Pemuda Mandiri di Garut Bantu Modal Usaha, Ini Syaratnya

👤Adi Kristiadi 🕔Kamis 03 Desember 2020, 14:45 WIB
DINAS Pemuda dan Olahraga Kabupaten Garut menawarkan program pemuda mandiri agar mereka mampu berwirausaha. Bantuan yang diberi bagi...
MI/Surya Sriyanti

Masalah Perizinan Disoroti Saat Debat Terakhir Pilkada Kalteng

👤Surya Sriyanti 🕔Kamis 03 Desember 2020, 13:32 WIB
Dalam debat terakhir Pilkada pemilhan gubernur Kalimantan Tengah, dua paslon yang bertanding menyoroti masalah pelayanan publik dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya