Sabtu 17 Oktober 2020, 04:55 WIB

Sepakat Membantu Petani Menjadi Lebih Baik

(AU/JH/DW/AP/N-3) | Nusantara
Sepakat Membantu Petani Menjadi Lebih Baik

ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
PANEN RAYA PADI ORGANIK

 

PETANI tidak pernah dibiarkan sendiri. Di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko berada di belakang petani Dusun Jongkangan, Desa Tamanmartani, Kecamatan Kalasan.

"PT Taman Wisata membantu mereka untuk mengembangkan padi organik. Dengan program kemitraan dan bina lingkungan, kami bersama-sama mengawal program pengembangan pertanian organik berbasis sumber daya lokal," kata Direktur Utama PT Taman Wisata, Edy Setijono, kemarin.

Ia menambahkan program padi organik merupakan bagian dari sektor pelestarian alam, khususnya bagi lahan pertanian. Selain itu, dengan program tersebut diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat perdesaan, terutama dengan hasil pertanian yang berkualitas tinggi.

Pada program perdana itu dilakukan penanaman padi di lahan seluas 1.000 meter persegi untuk sekolah lapangan. Adapun untuk implementasinya akan dilakukan di lahan seluas 1,2 hektare dengan masa tanam hingga panen sekitar 85 hari.

Sementara itu, promosi untuk membuka pasar dilakukan Bupati Tapanuli Utara, Sumatra Utara, Nikson Nababan. Secara virtual, kemarin, ia menawarkan komoditas nanas untuk diekspor ke Jepang.

Kepada Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi, Nikson menyatakan produksi nanas dari Kecamatan Sipahutar mencapai 134.000 ton per tahun. "Kualitasnya tinggi dan mampu bersaing di pasar dunia."

Heri pun mengakui nanas asal Tapanuli Utara berkualitas baik. "Layak dipasok ke Jepang."

Herman Deru, Gubernur Sumatra Selatan, juga terus menyemangati para bupati di wilayahnya untuk fokus mengembangkan pertanian. "Daerah dengan potensi pertanian di Sumatra Selatan sangat banyak. Mari kita jaga demi mempertahankan pertumbuhan ekonomi, khususnya di masa pandemi."

Ia optimistis jika produktivitas pangan ditingatkan, Sumsel akan menjadi penghasil padi terbesar di Indonesia.

Di Pematangsiantar, Sumatra Utara, Wali Kota Hefriansyah mengajak warganya untuk mempertahankan pertanian padi. "Saya sangat mengapresiasi petani padi yang masih bertahan. Kami akan terus memberi dorongan dan membantu, sehingga mereka tidak beralih ke usaha lain." (AU/JH/DW/AP/N-3)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Penyidik Kejaksaan Tinggi NTT Periksa Bupati Manggara Barat

👤Palce Amalo 🕔Senin 18 Januari 2021, 11:40 WIB
Bupati Manggarai Barat Agustinus Dula diperiksa penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin...
Dok Arutmin Indonesia

Arutmin Bantu Evakuasi Korban Banjir di Kalimantan Selatan

👤Denny Susanto 🕔Senin 18 Januari 2021, 11:01 WIB
PT Arutmin Indonesia ikut membantu upaya evakuasi warga korban yang masih terjebak banjir di sejumlah...
MI/Haryanto

Puluhan Penyintas Covid-19 di Semarang Kembali Terinfeksi Korona

👤Akhmad Safuan 🕔Senin 18 Januari 2021, 10:55 WIB
Ada 50 orang penyintas covud-19 kembali tertular di Kota Semarang. Mereka adalah pasien yang dirawat di rumah dinas wali kota...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya