Kamis 08 Oktober 2020, 05:15 WIB

Kesehatan Nakes Harus Jadi Prioritas

(Ata/H-1) | Nusantara
Kesehatan Nakes Harus Jadi Prioritas

ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/foc.
Seorang tenaga kesehatan memakai alat pelindung diri (APD) sebelum memasuki ruang isolasi pasien positif COVID-19

 

KETUA Tim Task Force Sumatra Utara Alexander Kaliaga Ginting melaksanakan kunjungan kerja ke beberapa rumah sakit di Sumatra Utara. Dalam kunjungannya, Alex secara spesifik berfokus pada tingginya angka kematian dokter dan tenaga kesehatan (nakes) lainnya di rumah sakit Sumut ini, khususnya RSUP H Adam Malik yang merupakan RS vertikal dari Kementerian Kesehatan.

"Disadari atau tidak, para dokter dan nakes lebih banyak memperhatikan kesehatan pasien sehingga terkadang lupa akan kesehatannya sendiri. Untuk itu, pemerintah menganjurkan agar dokter dan nakes yang kontak langsung dengan pasien positif dapat di-swab dua minggu sekali," terang Alex saat memberikan arahan di RSUP H Adam Malik, Medan, Selasa (6/10).

Menurut data, kasus positif pertama dan meninggal pada Maret di RSUP H Adam Malik ialah tenaga kesehatan. Karena itu, kehadiran dan perhatian pemerintah kepada dokter dan nakes harus ditingkatkan. Selain melaksanakan swab berkala, pemerintah harus memberikan asupan makanan tambahan, gizi, dan suplemen serta tempat tinggal sementara untuk mereka.

Lebih lanjut, Alex menyampaikan saat ini, tanpa mengurangi ataupun mengecilkan hal yang lain, perhatian kepada nakes juga menjadi prioritas pemerintah. Itu disebabkan nakes berada di garda terdepan yang langsung berhadapan dengan covid-19 dan menjaga masyarakat agar tetap sehat.

Di tempat terpisah, relawan Task Force Covid-19 Persekutuan Kristen Antaruniversitas (Perkantas) dr Dewi Citra Puspita mengemukakan pentingnya pemakaian masker untuk melindungi diri dan orang lain dari penularan covid-19 pada masa pandemi. "Masker berfungsi dua arah, yaitu untuk melindungi orang lain dan diri kita dari percikan (cairan saluran) pernapasan pemakai masker dan dari percikan (cairan saluran) pernapasan orang yang bergejala," kata Dewi kemarin. (Ata/H-1)

Baca Juga

DOK.MI

Diduga Gelapkan Uang Rp1,6 M, Ketua AEKI Lampung Ditangkap

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 19:35 WIB
Polda Lampung melakukan penyelidikan kasus tersebut, bahkan tersangka sempat masuk daftar pencarian orang (DPO) sejak 3 Juni...
MI/KRISTIADI/DOK.TAGANA

Dua Kecamatan di Pangandaran Tergenang akibat Luapan Sungai

👤Kristiadi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 18:00 WIB
Air kedua sungai itu mulai meluber dan membanjiri wilayah permukiman dan jalan pada Sabtu (13/8) sekitar pukul 13.00 WIB sehingga petugas...
MI/Susanto

Jemaah Haji Kloter 8 Debarkasi Padang Tiba di Tanah Air

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 17:05 WIB
Tampak raut bahagia terlukis dari wajah para jemaah. Ada yang tersenyum sampai terharu mengeluarkan air mata saat bertemu dengan sanak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya