Minggu 13 September 2020, 20:43 WIB

Polsek Cineam Distribusikan Air Bersih Bagi Ratusan Warga di Tasik

Adi Kristiadi | Nusantara
Polsek Cineam Distribusikan Air Bersih Bagi Ratusan Warga di Tasik

MI/Kristiadi
AKP Semiyono dari Polsek Cineam Polresta Tasikmalaya mengisi jeriken warga di Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, dari mobil patroli.

 

Polsek Cineam Polresta Tasikmalaya selama ini telah berupaya mendistribusikan air bersih bagi masyarakat di Kampung Sukahurip, Desa Mediasari, Kampung Neglasari, Desa Cijulang, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya. Kekeringan tersebut, semakin meluas di setiap pelosok perkampungan.

Kapolsek Cineam Polresta Tasikmalaya AKP Semiyono mengatakan, kekeringan yang telah terjadi di Desa Mediasari dan Desa Cijulang selama ini sulit menemukan air bersih karena sumur dan sumber mata air yang biasanya itu didapatkan telah mengalami penyusutan luar biasa. Kebutuhan air bersih yang selama ini di distribusikan secara bertahap setiap harinya menggunakan mobil patroli.

"Ada dua desa di Kecamatan Cineam selama ini telah dilanda kekeringan dan kesulitan air bersih. Sedangkan, untuk desa lainnya sudah mulai kekeringan termasuk ada sebagian lagi lahan persawahan ikut terdampak hingga dari warga setempat sudah berupaya menanam palawija yang tidak membutuhkan air banyak," katanya, Minggu (13/9/2020).

Baca Juga: Jajaran Polres Tasikmalaya Diberi Pembekalan Virus Korona

Semiyono mengatakan, pendistribusian air di dua Desa tersebut sudah dilakukannya hingga mencapai 31 ribu liter yang diangkut dengan menggunakan toren air di atas mobil patroli dan kebutuhan diperuntukkan minum, masak, wudlu, dan mencuci pakaian. Keperluan untuk mandi, yang dilakukan oleh warga selama ini hanya memanfaatkan beberapa lokasi kamar kecil yang telah berisikan air menggunakan toren.

"Kebutuhan air bersih yang didistribusikan itu digunakan untuk memasak, mandi, kakus, dan lainnya. Karena, kekeringan sekarang semakin meluas termasuknya pelosok perkampungan sudah kesulitan untuk mendapatkan air tetapi pengiriman setiap harinya itu mencapai 2.000 liter dan itu sudah dilakukan dari bulan April sampai sekarang," ujarnya.

Menurutnya, pendistribusian air bersih selama ini terus dilakukan mengingat ada beberapa warga yang terdampak cukup parah berada di Kampung Neglasari, RT 34 RW 04 dan lainnya. Namun, selama ini komunikasi dengan BPBD masih terus dilakukannya supaya mereka bisa secepatnya mengirimkan air bersih bagi warga sekitar mengingat kekeringan sudah meluas.

Baca Juga: Polres Tasikmalaya Kota Bersih-Bersih Tangkal Korona dan DB

"Untuk sekarang ini memang mengiriman air bersih bagi masyarakat dari BPBD belum ada, namun kami tetap berupa mendistribusikan supaya mereka bisa menggunakan terutama kebutuhan sehari-hari mulai dari memasak, minum, wudhlu dan lainnya," paparnya. (AD/OL-10)

Baca Juga

ANTARA/Abriawan Abhe

BNPB Kerahkan 4 Helikopter Bantu Penanganan Banjir Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Minggu 24 Januari 2021, 08:02 WIB
Helikopter digunakan untuk melakukan pemantauan kondisi banjir dan mensuplai bahan makanan ke daerah yang...
ANTARA

Keterisian Ruangan Isolasi Covid-19 di Riau Rata-rata 30%

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Minggu 24 Januari 2021, 07:52 WIB
Hingga Jumat (22/1) malam terdapat penambahan 122 kasus terkonfirmasi...
123.rtf

Gubsu Minta Kawasan Danau Toba Ramai Ditanam Macadamia

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 24 Januari 2021, 07:44 WIB
Selain untuk penghijauan dan menjaga degradasi lahan, tanaman Macadamia juga, kata Edy, memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga bisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya