Selasa 18 Agustus 2020, 01:11 WIB

Pembunuhan Purnawirawan TNI di Poso Diduga Dilakukan Kelompok MIT

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Pembunuhan Purnawirawan TNI di Poso Diduga Dilakukan Kelompok MIT

DOK mediaindonesia.com
Ilustrasi

 

SATGAS Operasi Tinombala menemukan mayat seorang warga di pegunungan Malahena, Desa Maholo, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso, pada Jumat (14/8) lalu. Korban, Elias Lapulalang, 60, diduga dibunuholeh kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Ahmad alias Ali Kalora.

Kapolda Sulteng, Irjen Syafril Nursal menyebutkan, saat ini pihaknya tengah melakukan penyidikan terhadap penemuan mayat seorang warga yang diketahui adalah seorang purnawirawan TNI tersebut. "Meski dugaan kuat pelakunya adalah MIT, namun kita harus membuktikan itu. Makanya saat ini penyidikan masih dilakukan di Poso," terangnya kepada Media Indonesia di Palu, Senin (17/8).

Menurut Syafril, Elias adalah warga Desa Watuawu, Kecamatan Lage. Sebelum ditemukan tewas, Elias diketahui hendak pulang ke rumahnya di Desa Watuawu setelah berkunjung dari Desa Napu, Kecamatan Lore.  

Ia melintas di wilayah Hae yang terletak antara Desa Sanginora dan Desa Napu. Wilayah itu kerap dilintasi kelompok MIT. "Elias diduga dibunuh di wilayah tersebut, pada Rabu (12/8)," jelas Syafril.

Saat ditemukan, Elias masih menggunakan jaket hijau tua, celana panjang levis  warnah biru, sepatu lengkap dengan kaus kaki, sarung tangan, dan memakai baju abu-abu. "Korban dugaan sementara dirampok kemudian dibunuh karena menurut laporan ia mengendarai sepeda motor sementara di lokasi sepeda motornya tidak ditemukan," imbuh Syafril.  

Sementara itu, Danrem 132/Tadulako Sulteng Brigjen Farid Makruf menambahkan, Sabtu (8/8) lalu, MIT membunuh seorang petani di Desa Sanginora, Kecamatan Poso Pesisir Selatan. Pada hari yang sama, kelompok MIT menghadang pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) Poso yang tengah menuju Kota Poso di wilayah Napu.

"Dugaan pembunuh Elias adalah MIT diperkuat karena kelompok itu di tengah perjalanan menuju pegunungan Lore. Kemungkinan di saat perjalanan itu bertemu dengan Elias," tandas Farid. (R-1)

Baca Juga

Medcom.id/M Rizal

Dukung Pemerintah, Warga Kampung Patunas Tolak Tamu Lebaran

👤Solmi 🕔Jumat 14 Mei 2021, 16:34 WIB
Menurut Guntur yang juga menjabat Kepala Polres Tanjungjabung Barat,  langkah proaktif dari warga tersebut membantu menekan penyebaran...
MI/Susanto

Gempa 7,2 SR Guncang Nias Barat, tidak Berpotensi Tsunami

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 14 Mei 2021, 15:48 WIB
Berdasarkan hasil rekaman seismogram BMKG, pusat gempa bumi berada pada 0,10 LU dan 96,53 BT di kedalaman laut 19...
MI/Apul Iskandar

HKBP Desak Pusat dan Daerah Selamatkan Hutan Sekitar Danau Toba

👤Apul Iskandar 🕔Jumat 14 Mei 2021, 15:11 WIB
Pdt Robinson mengungkapkan bahwa berdasarkan investigasi Komite Gereja dan Masyarakat (KGM) HKBP dengan mitranya atas rentetan banjir...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya