Jumat 17 Juli 2020, 19:45 WIB

Wabah Covid-19 Ilhami Pariwisata Super Premium di Labuan Bajo

John Lewar | Nusantara
Wabah Covid-19 Ilhami Pariwisata Super Premium di Labuan Bajo

Antara
Bandar Udara Komodo untuk mendukung destinasi super premium di Labuan Bajo, Mabar, NTT.

 

PEMERINTAH Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bertekad membangun pariwisata super premium di tengah pandemi virus korona (Covid-19). Hal ini belajar saat tatanan baru atau pada new normal kunjungan wisatawan masih terbatas dari domestik. Dengan pengawasan ketat penerapaan protokol kesehatan, ditambah pembenahan yang memadai maka destinasi wisata super premium menjadi daya tarik.

"Dengan dibukanya destinasi wisata Komodo mendapat respon dari masyarakat luas. Untuk itu pengelola destinasi wisata seperti Taman Nasional Komodo maupun Taman Wisata Alam (TWA) harus mengikuti tahapan tatanan baru (new normal) dibukanya arus kunjungan," ungkap Kadis Pariwisata Pemprov NTT, Dr. Ir.Wayan Darmawan, MT, di Labuan Bajo,  Jumat (17/7).

Darmawan mengungkapkan pembukaan sejumlah obyek wisata bertahap itu, guna memancing minat kunjungan dengan mengikuti evaluasi kesehatan covid-19 terhadap pengelola maupun wisatawan.

"Tadi digelar rapat percepatan pembangunan dalam menunjang program pembangunan nasional di Labuan Bajo Manggarai Barat, sebagaimana telah ditetapkan menjadi destinasi super premium," jelas Darmawan.

Rapat yang dihadiri oleh Mentri Bappenas Suharso Manoarfa dan Gubernur NTT Victor Laiskodat, di Hotel Inaya Bay, jelas dia, membahas hal terkait pembangunan termasuk kawasan TNKomodo dan Taman Wisata Alam. Dimana pengelola lapangan tetap harus ada supervisi dari pusat.

Menurutnya, agenda kawasan Komodo masih dalam tahapan proses belum sepenuhnya dibuka untuk umum karena situasi covid-19. Pembahasan itu lebih menekankan persiapan sarana prasarana pendukung pariwisata super premium.

"Disiplin kesehatan bagi wisatawan akan menguntungkan pemulihan ekonomi bagi masyarakat. Destinasi wisata komodo dibuka. Baik di kawasan perairan maupun wilayah daratan di suluruh NTT, bertahap dilakukan" ujar Darmawan.

Pertemuan tersebut, ungkap Darmawan, merupakan pemantauan pusat yang diwakili Bappenas untuk memberikan arahan sesuai kebijakan nasional menuju pertemuan internasional yang akan digelar di Labuan Bajo. Yakni, pertemuan G-20 yang dihadiri negara-negara persemakmuran.

"Kami mengurus kesiapan wisata di daerah ini sesuai skala dan sesuai pada tahapan program nasional. Tahap awal ini adalah proses pembelajaran yang menuju percepatan pembangunan,"katanya di Bacarita Cofee Marina Labuan Bajo.
(OL-13)

Baca Juga

DOK.MI

Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Angkutan BBM Ilegal Terbakar di Muba

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:45 WIB
Ketiganya ditangkap Satreskrim Polres Muba secara terpisah di rumah...
Dok. Mutuagung Lestari

Perluas Jasa Uji Kualitas Lingkungan, Mutuagung Lestari Resmikan Laboratorium di Pontianak

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:41 WIB
Saat ini, PT Mutuagung Lestari memiliki lima cabang laboratorium lingkungan yang berada di Samarinda, Pekanbaru, Pangkalan Bun, Medan dan...
DOK MI.

Polda Jambi Tangkap Lima Pelaku Penyimpangan Distribusi BBM Subsidi

👤Solmi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:30 WIB
Mereka ialah dua operator APMS Andi, 42, dan Kodri, 46, tiga pembeli penampung atas nama Zulfala, Jumino, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya