Kamis 16 Juli 2020, 16:25 WIB

Pemkab Cilacap Terus Masifkan Tes Usap, Target 1.350 Sampel

Lilik Darmawan | Nusantara
Pemkab Cilacap Terus Masifkan Tes Usap, Target 1.350 Sampel

MI/Andri Widiyanto
Swab test pada warga

 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) terus mendorong percepatan tes usap untuk wilayah setempat hingga 1.350 sampel. Hingga kini, tes usap telah mencapai telah melalui tahap pertama sebanyak 360 orang dan tahap kedua 533 orang. Untuk tahap ketiga, nantinya segera dilaksanakan hingga 1.350 sampel.

Di sisi lain, Pemkab Cilacap mewajibkan masyarakat dari luar kota yang datang ke Cilacap harus mengantongi surat keterangan sehat.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan tes usap untuk berbagai kelompok. "Pada tahap pertama dan kedua yang dites swab adalah tenaga kesehatan, polisi, TNI, petugas lapangan dan lainnya," ucap Tatto, Kamis (16/7).

Baca juga: Peternak di Sleman Kewalahan Penuhi Permintaan Susu Kambing

Lalu, sambungnya, untuk tahap ketiga, tes usap akan dilangsungkan pada 27 Juli mendatang. "Sasaran sampelnya adalah mereka yang rentan, yakni mereka yang mempunyai penyakit penyerta seperti hipertensi, diabetes militus, jantung, ginjal, penyakit paru, dan kanker serta lainnya," ujarnya.

Sekretaris Daerah Cilacap Farid Ma'ruf mengatakan bahwa perkembangan kasus covid-19 di Cilacap sangat dinamis. "Sebab, jika ada pasien yang sembuh, masih diikuti oleh penambahan pasien lainnya. Karena itulah, kami meminta kepada masyarakat di Cilacap untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Tetap jaga kebersihan dengan mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, mengenakan masker, dan menghindari kerumunan," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Budi Candra S

Dinas Pariwisata Dorong Selancar Layang Jadi Destinasi Wisata Baru di Sulsel

👤Lina Herlina 🕔Jumat 28 Januari 2022, 15:37 WIB
"Kami akan mendorong Jeneponto untuk menjadi objek new epicentrum dengan memanfaatkan spot tourism yaitu...
AFP/Alberto PIZZOLI

Satgas: Kota Batam Nihil Kematian Covid-19 Selama Dua Bulan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 15:14 WIB
Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam Kepulauan Riau mencatat sudah lebih dari dua bulan tidak ada kasus kematian karena terinfeksi...
ANTARA FOTO/Bayu Pratama

Pendakian Puncak Halau-halau Dibuka

👤Denny Susanto 🕔Jumat 28 Januari 2022, 15:09 WIB
. Pembukaan kembali pendakian ini juga memberikan sumber penghasilan tambahan bagi warga desa dari penjualan kerajinan, hasil bumi juga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya