Kamis 11 Juni 2020, 06:00 WIB

Lalai, Pasar Jadi Ancaman

WJ/YH/SS/RS/N-2 | Nusantara
Lalai, Pasar Jadi Ancaman

ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Pedagang dengan membawa nasi tumpeng memanjatkan doa saat Syukuran Pedagang di Pasar Kadipolo, Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/6), kemarin.

 

LOLOS dari covid-19, pesta pun digelar. Pemandangan itu terlihat di Pasar Kadipolo dan Pasar Kembang, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Mereka menggelar syukuran dengan nasi tumpeng, setelah sehari sebelumnya hasil tes cepat menunjukkan tidak ada pedagang yang reaktif. Pesta gabungan dua pasar digelar.

Meski semua bermasker, tidak ada jarak di antara mere­ka. Para bakul berkerumun un­tuk mengambil makanan dan lauk-pauk. “Ini cara kami mewujudkan rasa syukur,” ka­ta koordinator acara, Yanto Bandeng.

Setelah ditutup sejak Mei lalu, Pasar Raya Padang, Sumatra Barat, kembali beroperasi, kemarin. Seluruh toko dan kedai telah membuka pintu.

Pasar Padang menjadi klaster tertinggi penjangkitan covid-19. Sebelum ditutup, ada 150 pedagang dan warga positif tertular.

“Kami berani membuka toko karena protokol kesehatan su­dah dilakukan secara ketat. Semua yang ada di lingkungan pasar menggunakan masker dan jaga jarak,” kata Murni, kar­yawan di toko sepeda.

Untuk menenangkan warga, Dinas Perdagangan Kota Padang akan melakukan tes swab massal untuk pedagang dan masyarakat. Ada 2.000 orang yang akan diperiksa selama 5 hari.

Di sejumlah daerah, penutupan pasar juga terus berlang­sung. Di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Pasar Besar ditutup selama tiga hari.

Pasar Besar menjadi klaster terbanyak warga terjangkit. Ada 73 pedagang dan masyarakat yang positif korona.

“Pasar akan disterilisasi selama tiga hari, Jumat-Minggu, untuk memutus rantai penularan,” kata Wali Kota Fairid Naparin.

Seorang pedagang di pasar ikan Gunung Agung, Denpasar, Bali, juga dinyatakan positif terjangkit.

Kemarin, tes swab dilakukan terhadap 42 pedagang yang berada dalam radius 5 meter dari korban. (WJ/YH/SS/RS/N-2)

Baca Juga

DOK MI

Pemprov Sulteng Antisipasi Masuknya PMK

👤M Taufan SP Bustan 🕔Kamis 26 Mei 2022, 19:25 WIB
PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah telah melakukan upaya mengantisipasim penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak...
MI/Heri Susetyo

Barisan Kiai Kultural NU Jatim Deklarasi Dukung Ridwan Kamil

👤Heri Susetyo 🕔Kamis 26 Mei 2022, 19:19 WIB
BARISAN kiai kultural Nahdlatul Ulama (NU) asal Jawa Timur mendeklarasikan diri mendukung Ridwan Kamil (RK) sebagai Calon Presiden (Capres)...
ANTARA

Harga Minyak Goreng di Pantura Jatim Masih Tinggi

👤M Yakub 🕔Kamis 26 Mei 2022, 19:09 WIB
HARGA minyak goreng (migor) curah dan premium di sejumlah kawasan di pantai utara (pantura) Jawa Timur (Jatim), terpantau masih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya