Rabu 13 Mei 2020, 08:30 WIB

Jalani Karantina 11 Orang Positif Korona Kluster Gowa Sembuh

Denny Susanto | Nusantara
Jalani Karantina 11 Orang Positif Korona Kluster Gowa Sembuh

MI/Denny Susanto
Sebanyak 11 peserta klaster Gowa dari Kalimantan Selatan dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang, Selasa (12/5/2020).

 

SETELAH menjalani masa karantina selama 31 hari, sebanyak 11 orang positif virus korona tanpa gejala yang merupakan bagian kluster Gowa berhasil sembuh. Hingga kini sudah 58 orang terkonfirmasi positif virus korona di Kalimantan Selatan dinyatakan sembuh. Sebelas orang warga Kota Banjarbaru ini dipulangkan dari pusat karantina Balai Diklat BPSDM Hambulung, Kota Banjarbaru, Selasa (12/5) petang.

Koordinator Karantina Khusus Covid 19 Kalsel, Sukamta, Rabu (13/5) mengatakan pusat karantina khusus Hambulung dilengkapi berbagai fasilitas kesehatan dan tenaga medis memadai sehingga proses penyembuhan penderita virus korona berjalan baik. 

"Ada empat pusat karantina disiapkan Pemprov salah satunya Hambulung yang dilengkapi fasilitas kesehatan dan tenaga medis memadai," tuturnya. 

Pelepasan ke 11 pasien sembuh ini ditandai dengan pemberian bantuan paket sembako dari Pemprov Kalsel dan Pemko Banjarbaru. Lukman Abdullah salah seorang peserta karantina yang dinyatakan sembuh mengatakan selama menjalani karantina dirinya dan puluhan peserta karantina lainnya mendapat layanan kesehatan memuaskan. Hal ini membantu mempercepat proses penyembuhan mereka dari serangan virus korona. 

Balai Diklat BPSDM Hambulung sejauh ini telah mengkarantina sebanyak 80 orang dari berbagai kabupaten/kota. Saat ini ada 12 orang positif korona tanpa gejala baru mulai menjalani karantina. Selain Hambulung, Pemprov Kalsel dalam upaya percepatan penanganan pandemi virus korona telah menetapkan lokasi karantina lain seperti gedung Bapelkes, asrama haji dan SMA Banua milik Pemprov Kalsel. Sementara berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel menyebutkan hingga kini jumlah kasus positif virus korona melonjak mencapai 277 kasus. Sebanyak 199 orang tengah dirawat di sejumlah rumah sakit maupun karantina khusus. 

baca juga: Deteksi Lebih Dini, Rapid Test Massal Digelar

Tercatat kasus pasien positif yang meninggal dunia sebanyak 27 orang dan pasien sembuh 58 orang. Ada 1.033 orang dalam status orang dalam pemantauan (ODP) dan 70 orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP). 

"Jumlah pasien sembuh ini bertambah 18 orang. Sedangkan kasus positif virus korona bertambah 15 orang," tutur Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel, Muslim. (OL-3)
 

Baca Juga

Ist

Dorong Home Stay Nyaman, Sandiaga Serahkan 42 Set Sprei untuk Pariwisata Berkelanjutan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 13:56 WIB
Bila penginapan di lokasi wisata telah nyaman, para wisatawan akan berdatangan.  Bila sudah rutin ada kedatangan wisatawan,...
ANTARA/Tim Magang/Dela

Bendera Merah Putih Sepanjang 100 Meter Dibentangkan di Sungai Kapuas

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 13:45 WIB
Ada sekitar 300 orang yang terlibat dalam acara pembentangan Bendera Merah Putih untuk memperingati ulang tahun ke-250 Kota...
Medcom

Polisi Masih Berupaya Identifikasi Sejoli yang Tewas di Rumah Kontrakan di Tasikmalaya

👤Kristiadi 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 11:52 WIB
"Kami masih melakukan penyeldikan terhadap dua mayat yang berada di dalam kamar di atas ranjang dan rencananya akan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya