Rabu 13 Mei 2020, 08:20 WIB

Deteksi Lebih Dini, Rapid Test Massal Digelar

Lina Herlina | Nusantara
Deteksi Lebih Dini, Rapid Test Massal Digelar

ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Petugas kesehatan mengambil sampel darah pedagang dan pembeli saat menggelar Rapid Test atau pemeriksaan cepat COVID-19 di Pasar Tradisional

 

JUMLAH warga yang terpapar virus korona baru (covid-19) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, masih terus bertambah meski pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sudah memasuki tahap kedua.

Hingga kemarin, jumlah kasus positif covid-19 di kota itu sebanyak 480 dan 206 di antaranya dinyatakan sudah sembuh. Dengan kondisi kasus positif covid-19 yang masih terus bertambah, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memutuskan melakukan tes cepat (rapid test) secara massal selama delapan hari, pada 12-19 Mei 2020. Rapid test dilakukan dengan tiga tahapan dan dengan target pedagang di pasar, pengemudi ojek daring, serta juru parkir.

“Dengan tes massal ini diharapkan mampu mendeteksi lebih dini penyebaran virus korona,” kata Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb. *Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang, Jawa Barat, juga menggelar rapid test massal di Pasar Baru Karawang. Hasilnya, dua warga dinyatakan reaktif.

*Dari 98 orang yang kita rapid test, dua reaktif,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Nanik Jodjana, kemarin.

Hal yang sama juga dilakukan Pemkot Yogyakarta. Untuk bisa mengikuti rapid test, warga terlebih dahulu mendaftar lewat corona monitoring system (CMS).

Sebanyak 343 orang yang telah mendaftar, kemudian mengikuti rapid test di 18 puskesmas. Secara khsusus, pelaksanaan rapid test itu untuk melacak kemungkinan adanya warga Kota Yogyakarta yang tertular covid-19 setelah melakukan kontak dengan pasien covid-19 klaster Indogrosir Mlati.

Di Jambi, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Jambi pun melakukan rapid test massal terhadap ratusan pedagang di belasan pasar tradisional dan pasar modern, kemarin.

Terpisah, pedagang di Pasar TPI, Kota Lewoleba, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, pada Senin (11/5) malam, mengikuti rapid test massal.

Di Pematang Siantar, Sumatra Utara, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pematang Siantar melakukan rapid test massal terhadap warga di Kelurahan Simalungun, Kecamatan Siantar Selatan, Senin (11/5), setelah hasil pemeriksaan swab terhadap seorang perempuan berusia 50 tahun di kelurahan itu dinyatakan positif covid-19. (LN/CS/AT/SL/PT/AP/RF/AU/N-3)

Baca Juga

Dok. Pemprov DKI Jakarta

Positif Covid-10 Magetan Tembus Melebihi 600 Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 November 2020, 23:25 WIB
Jumlah warga Kabupaten Magetan terkonfirmasi positif Covid-19 menembus angka 600 orang lebih setelah ada tambahan tiga pasien baru pada...
Ant

Wisawatan Tiongkok Bakal Serbu Bali Tahun 2021

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 24 November 2020, 23:20 WIB
KESIAPAN standar protokol kesehatan ini mampu diterapkan oleh seluruh masyarakat Bali, maka Bali siap seutuhnya untuk menyambut kembali...
MI/Amiruddin Abdullah Reubee

Puluhan Batu Nisan Makam Kuno Di Aceh Raib

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Selasa 24 November 2020, 22:55 WIB
PULUHAN batu nisan makam kuno di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, raib. Batu nisan tersebut merupakan peninggalan sejarah peradaban masa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya