Sabtu 21 Desember 2019, 23:30 WIB

Di Kabupaten Puncak, Papua, Harga Semen Rp2 Juta per Sak

Antara | Nusantara
Di Kabupaten Puncak, Papua, Harga Semen Rp2 Juta per Sak

Antara
Buruh angkut membongkar muat semen di Pelabuhan Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu.

 

TIDAK adanya jalur transportasi darat ke Kecamatan Ilaga yang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Puncak, Papua, membuat harga serbamahal, bahkan satu sak semen di Ilaga mencapai Rp2 juta.

"Kehidupan di sini harganya lima kali lipat dari Surabaya, karena memang satu-satunya transportasi ke Ilaga hanya bisa melalui pesawat terbang. Kami minta perhatian juga dari pemerintah pusat untuk masyarakat Ilaga, pembangunan harus jalan terus," kata Bupati Kabupaten Puncak Willem Wandik di Ilaga, Sabtu (21/12).

Bupati Puncak, Provinsi Papua, Willem Wandik.(Antara)

Bila dibandingkan dengan di Jakarta, harga semen di sejumlah aplikasi jual beli rata-rata sekitar Rp40 ribu-Rp50 ribu per sak. Sehingga, harga semen di Ilaga mencapai 40 kali lipat dengan di Jakarta.

Ia menjelaskan masyarakat di Ilaga rata-rata bekerja sebagai petani, namun semua perlengkapan tersebut hanya bisa didapatkan di daerah terdekat, dengan pesawat dari Kabupaten Timika.

Pesawat perintis lazim digunakan masyarakat sebagai transportasi umum. Kondisi geografis yang berbukit-bukit membuat jalan darat pun belum bisa dibangun, atau setidaknya membutuhkan perlengkapan lebih jika ingin dibangun.

Harga makanan tergolong tinggi, satu porsi mi instan bisa mencapai Rp30 ribu. Kemudian empat jeriken minyak goreng dihargai senilai Rp800 ribu.

Ubi adalah salah satu jenis produk pertanian yang paling banyak diproduksi. Kemudian untuk peternakan, masyarakat lokal mayoritas beternak babi. Satu ekor babi besar dihargai senilai Rp30 juta.

Ilaga merupakan ibu kota kabupaten tertinggi di Indonesia. Dengan daerah pegunungan tersebut, udara sehari-hari di Ilaga cukup dingin, bahkan bisa mencapai 7 derajat celsius pada malam hari. (X-15)

Baca juga: Warga Papua Kesulitan Beli BBM Satu Harga

Baca juga: BBM Satu Harga Menuju Wamena dan Tolikara Papua

Baca Juga

DOK MI

Calon Kades Di Garut Wajib Jalani Tes Narkotika

👤Kristiadi 🕔Kamis 15 April 2021, 01:34 WIB
BADAN Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Garut, Jawa Barat melakukan tes urine kepada para bakal calon kepala desa. Ditargetkan tes...
Dok Media Indonesia

Permintaan Ikan Air Tawar dari Danau Maninjau Meningkat 5 Ton

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 23:48 WIB
Ikan jenis nila dan mas itu dipasarkan ke pasar tradisional di Sumbar, Jambi, Riau dan...
Antara

TWC Gelar Vaksinasi bagi Pelaku Wisata di Candi Borobudur

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 14 April 2021, 23:45 WIB
"Harapannya nanti siap untuk menyambut datangnya wisatawan serta ikut menciptakan ekosistem wisata yang aman dan nyaman untuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya