Kamis 04 Juli 2019, 14:53 WIB

Pemkot Palembang Perluas Pemasangan Jargas

Dwi Apriani | Nusantara
Pemkot Palembang Perluas Pemasangan Jargas

Antara
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kota Palembang mendukung penuh penyelesaian target pemasangan jaringan gas (jargas) kota di wilayahnya. Pada tahun ini  ditargetkan pemasangan jargas kota bisa mencapai 6.034 sambungan rumahtangga (SR) di Kota Palembang.

Sebelumnya, Kota Palembang sudah mendapatkan alokasi 4.315 Sambungan Rumah (SR) pada 2018 dan 7.626 SR pada 2019. Sekertaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan pekerjaan ini harus dituntaskan karena telah mendapatkan alokasi bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

"Pemkot akan mengawasi proses ini, terutama pada kegiatan penggalian mengingat dipastikan bakal ada kerusakan jalan yang menggangu kenyamanan masyarakat berkendara. Karenanya perlu adanya hubungan dan koordinasi yang baik antara kontraktor dan pihak terkait," harap Ratu Dewa, Kamis (4/7).

Dia juga mengingatkan pembangunan jarga kota ini harus rapi dan tidak mengganggu akses lalu lintas kendaraan.

"Apalagi jika pemasangannya menggunakan akses jalan nasional dan jalan provinsi," ujarnya.

baca juga: Infeksi Sistemik Diduga Penyebab Kematian Harimau Inung Rio

Pembangunan jargas rumah tangga merupakan bagian dari upaya diversifikasi energi yang dilakukan pemerintah. Pada 2019 melalui APBN Kementerian ESDM akan membangun 78.216 jargas di 18 kabupaten/kota di Indonesia. Ia mengatakan pembangunan jargas bertujuan untuk efisiensi dan mengubah perilaku masyarakat sehingga tidak lagi menggunakan tabung gas elpiji.

"Pembangunan jargas telah tertuang dalam perencanaan RTRW serta RPJMD Kota Palembang tahun 2019. Mengingat dampak positif bagi masyarakat, Pemerintah Kota Palembang mengajak seluruh kabupaten/kota untuk mendukung pembangunan jargas sebagai upaya mengurangi beban ekonomi masyarakat," pungkasnya. (OL-3)

 

Baca Juga

DOK MI

Siswi SMP Korban Kekerasan Seksual Di Pati Dalam Tahap Pemulihan

👤Widhoroso 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:55 WIB
MENTERI Sosial Tri Rismaharini menyampaikan siswi SMP berinisial N (15 tahun) di RSUD Soewondo, Pati, Jawa Tengah yang menjadi korban...
ANTARA

Sumut Tata Situs Benteng Putri Hijau di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:15 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara melakukan penataan situs Benteng Putri Hijau sebagai upaya pelestarian cagar budaya dan pengembangan...
Medcom

Nakes Di Buleleng Segera Jalani Vaksinasi Dosis Booster Kedua

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:55 WIB
TENAGA kesehatan (nakes) kembali mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali yang menjadi garda terdepan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya