Senin 04 Maret 2019, 15:30 WIB

Pemerintah Pusat Beri Bantuan Tipping Fee untuk PLTSa Surakarta

Ferdinand | Nusantara
Pemerintah Pusat Beri Bantuan Tipping Fee untuk PLTSa Surakarta

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

 

PEMERINTAH Kota Surakarta, Jawa Tengah, menyambut positif rencana pemerintah pusat yang akan mengucurkan bantuan tipping fee untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

"Terima kasih kalau memang pemerintah mau memberikan tipping fee," kata Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo ketika ditemui seusai upacara di halaman Balai Kota, Senin (4/3).

PLTSa Surakarta yang berlokasi di tempat pembuangan akhir Putri Cempo ditargetkan mulai dibangun tahun ini. Proyek berkapasitas 450 ton sampah tersebut diproyeksikan mampu menghasilkan listrik 10 Mega Watt (MW) per hari.

PT Solo Citra Metro Plasme Power (SCMPP) selaku kontraktor pelaksana proyek PLTSa Putri Cempo telah membangun miniplan. Miniplan berkapasitas 10 ton sampah dengan produksi listrik 150 kwh itu dijadwalkan tuntas Maret ini.

Baca juga: Subsidi Tipping Fee Dorong Pengembangan PLTSa

Setelah itu, dilanjutkan pembangunan proyek utama yang ditargetkan tuntas seluruhnya pada 2021. Namun demikian, pembangunan akan dilakukan dalam dua fase dengan kapasitas produksi masing-masing 5 MW.

Achmad Purnomo berharap bantuan tipping fee akan mempercepat proses pengerjaan PLTSa Putri Cempo. Dia menambahkan, dulu di awal perencanaan memang dirasakan tidak perlu ada tipping fee, karena investor sudah mendapatkan keuntungan dari imbal balik listrik yang dihasilkan.

"Tetapi, setelah dikaji lagi dirasakan perlu. Ya bagaimana baiknya, kami ngikut saja," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Pemkot Medan Ingatkan Warga tak Beli Minyak Goreng Lebih dari 2 Liter

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 28 Januari 2022, 22:19 WIB
Pembelian dalam skala besar atau melebihi kebutuhan akan mengakibatkan stok cepat habis dan memicu kelangkaan barang di...
dok.pribadi

Sengketa dengan Bupati Kobar, Advokat Diminta Keterangan Itjen Kementerian ATR/BPN

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 21:26 WIB
SENGKETA lahan antara Bupati Kobar, Kalteng dengan Nurhidayah dengan ahli waris almarhum mantan ASN Distanak Palangkaraya, Brata Ruswanda...
Medcom.id.

Mantan Guru Honorer yang Bakar SMPN 1 Cikelet Dibebaskan

👤Kristiadi 🕔Jumat 28 Januari 2022, 20:32 WIB
Berkaitan dengan pemenuhan honor guru itu, pihaknya mengembalikan ke Dinas Pendidikan dan sekolah tempat bersangkutan pernah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya