Rabu 15 Maret 2023, 16:25 WIB

Lagi, Puluhan RT di Jakarta Timur Terendam Banjir Akibat Luapan Kali Ciliwung

Selamat Saragih | Megapolitan
Lagi, Puluhan RT di Jakarta Timur Terendam Banjir Akibat Luapan Kali Ciliwung

MI/Usman Iskandar
Banjir merendam pemukiman padat penduduk di Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Jaktim, Rabu (15/3).

 

SEBANYAK 20 RT di wilayah Jakarta Timur kembali terendam banjir akibat meluapnya Kali Ciliwung. Luapan terjadi karena hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda sebagian besar wilayah Jakarta pada Rabu (15/3).

"Di Kelurahan Cawang terdapat 10 RT yang terdampak banjir. Ketinggiannya berkisar 30 hingga 110 sentimeter," ujar dia ketika dikonfirmasi, di Jakarta, hari ini.

Selain itu, satu RT di daerah Kelurahan Cililitan juga terendam banjir. Warga di sana terdampak banjir dengan ketinggian air 50 sentimeter. Kelurahan lainnya yang terdampak yakni Bidara Cina. Sebanyak tujuh RT mengalami banjir dengan ketinggian air antara 20 hingga 60 sentimeter.

Baca juga : Viral, Siswa Sekolah Pakai Perahu di Tengah Banjir

Kepala Satuan Pelaksana Data Pusdatin BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang, menambahkan, dua RT di Kelurahan Kampung Melayu juga terdampak banjir dengan ketinggian 100 sentimeter," lanjutnya

Selain 20 RT yang terdampak banjir, ada satu ruas jalan tergenang air cukup tinggi. Pada Rabu pagi pagi, misalnya, Jl Raya Bogor, tepatnya lampu merah HEK, di Kelurahan Kampung Tengah, Kecamatan Kramatjati, sempat tergenang. Namun, saat ini jalanan itu sudah aman dilewati lantaran air sudah surut. "Untuk wilayah yang sebelumnya terendam banjir, ada tiga RT di Kelurahan Cawang yang sudah surut," ujarnya.

Untuk penanganan banjir ini, BPBD DKI Jakarta sudah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah. Mereka juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak, antara lain Dinas SDA, Dinas Bina Marga, dan Dinas Gulkarmat.

"Koordinasi untuk melakukan penyedotan genangan bersama dengan para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," jelas Michael. (Z-4)

 

Baca Juga

MI / Susanto

PN Jaksel Telah Terima Berkas Perkara AG dalam Kasus Penganiyaan David

👤 Khoerun Nadif Rahmat 🕔Sabtu 25 Maret 2023, 00:01 WIB
HUMAS Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan,t elah menerima berkas perkara milik perempuan berinisial AG dalam kasus kekerasan terhadap...
dok. Kadin DKI Jakarta

Jaga Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok, Kadin DKI Jakarta Gandeng Kodam Jaya

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 Maret 2023, 23:50 WIB
kerja sama untuk menstabilkan berbagai harga sembilan kebutuhan pokok (sembako) tersebut, selain bersama dengan Kodam Jaya, juga...
MI/HO

Di Bulan Puasa, GMC Gelar Baksos Bersih Lingkungan di Tangerang

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 Maret 2023, 23:15 WIB
DI Hari pertama puasa tidak menyurutkan semangat Ganjar Milenial Center (GMC) Tangerang Raya untuk menggelar aksi kebaikan kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya