Senin 16 Januari 2023, 17:09 WIB

Polisi Buru Investor Pembuat Sabu Jenis Likuid Vape di Jakbar

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Polisi Buru Investor Pembuat Sabu Jenis Likuid Vape di Jakbar

medcom.id
Ilustrasi sabu

 

POLISI memburu investor atau penyandang dana, Mochammad Rafi Khairullah, 23, pembuat sabu jenis likuid vape yang ditangkap di sebuah rumah di Jalan Melati Nomor 19, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat.

Wakil Direktur Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Donny Alexander menyebut pihaknya masih menelusuri keterlibatan pihak lain dalam kasus sabu jenis likuid vape, termasuk para penyokong dana. Diduga dalam pembuatan sabu jenis likuid vape tersebut melibatkan jaringan internasional dari Iran, Tiongkok, dan Hong Kong.

Donny menyebut pihaknya bekerja sama dengan Bea Cukai untuk mendalami jaringan internasional tersebut.

"Pasti ada (penyandang dana). Maka dari itu proses penyidikan masih dalam pendalaman," kata Donny di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (16/1).

Baca juga: Polisi Buru Dua Pemasok Ganja dan Sabu ke Aktor Revaldo

Sementara itu, Kasubdit II Ditnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Andi Oddang menyebut Rafi mendapatkan barang mentah pembuatan sabu jenis likuid vape dari luar negeri. Setelah itu, Rafi diajari oleh seseorang yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Ini sudah kita kantongi namanya dan posisinya sudah kita dapatkan, tinggal kita lakukan penindakan," ujarnya.

Sebelumnya, Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta mengungkap adanya tempat pengolahan narkoba jenis sabu yang dijadikan liquid vape di sebuah rumah di Jalan Melati Nomor 19, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan pengungkapan tersebut merupakan join investigation antara pihaknya dengan pihak Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta.

Trunoyudo mengatakan terdapat satu pelaku yang diamankan Mochammad Rafi Khairullah (23), laki-laki dengan alamat Kemanggisan Raya, RT 006 RW 010, Palmerah, Jakarta Barat.

“Tersangka MR ini merupakan warga negara Indonesia dengan alamat yaitu Kemanggisan raya, Palmerah, Jakarta barat, sejauh ini proses untuk dikembangkan karena ini merupakan clan distance sindikat internasional tentu banyak proses pendalaman," kata Trunoyudo, Sabtu (15/1).

Adapun barang bukti yang ikut diamankan dalam pengungkapan tersebut ialah berupa dua buah paket yang diduga berisi narkoba jenis sabu cair dalam liquid vape.

"Dua buah paket didalamnya berisi masing-masing satu botol ukuran 30 mililiter diduga narkotika jenis sabu cair dalam liquid vape," ungkap Trunoyudo.

"363 botol ukuran 50 mililiter diduga narkotika jenis cair dalam liquid vape," imbuhnya.

Atas perbuatannya, Rafi ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat Pasal 113 ayat (2) subsider pasal 114 ayat (2) lebih subsider pasal 112 ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun.(OL-5)

Baca Juga

Antara

101 Kasus Covid-19 Terdeteksi di DKI Jakarta Hari Ini

👤MGN 🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:28 WIB
Sebanyak 101 kasus dari 248 kasus covid-19 nasional ditemukan di Provinsi DKI Jakarta pada Kamis, 2 Februari...
MI/Selamat Saragih

Operasional Penuh Hari Pertama, PAM JAYA Jamin Pelayanan Lebih Baik

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 02 Februari 2023, 21:36 WIB
PAM JAYA menjamin pelayanan air bersih untuk konsumen warga Jakarta lebih baik dibanding...
DOK.MI

Polresta Bandara Gagalkan Peredaran Ganja Sintetis

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 21:26 WIB
Ke-10 tersangka yang ditangkap mengaku mendapat narkotika jenis ganja sintetis tersebut dari Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya