Kamis 12 Januari 2023, 17:19 WIB

Blanko Terbatas, Warga DKI Masih belum Bisa Cetak KTP-E

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Blanko Terbatas, Warga DKI Masih belum Bisa Cetak KTP-E

medcom.id
Ilustrasi KTP-E

 

ANGGOTA DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh mengkritisi kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta. Sebabnya, hingga saat ini, ia masih terus mendapatkan pengaduan dari warga karena belum bisa mencetak KTP-e.

Nova kecewa karena nyatanya di wilayah lain di Bodetabek, warga sudah dapat melakukan cetak KTP-e. Namun, di DKI Jakarta, justru pencetakan KTP-e masih terbatas.

"Sampai saat ini saya masih terus dapat pengaduan warga terutama di Jakarta Selatan itu belum bisa cetak KTP-e. Katanya blanko terbatas. Ini sudah dua tahun," ungkap Nova saat dihubungi, Kamis (12/1).

Ia menegaskan KTP-e adalah dokumen kependudukan yang paling dasar dan penting bagi warga. Oleh karenanya sebaiknya pencetakan blanko bisa diprioritaskan dan direncanakan dengan baik.

"Katanya mau diorder lagi. Ya harusnya bisa lebih cepat. Karena kasihan warga kemana-mana harus bawa surat keterangan. Tidak praktis. Apalagi harus bolak balik ke kelurahan untuk cetak tapi belum bisa-bisa," tuturnya.

Baca juga:  Dukcapil Usulkan Suket untuk Warga Papua yang belum Punya KTP-E

Sebelumnya, pada 29 Remember 2022, Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaluddin melalui keterangan resminya mengatakan ketersediaan blanko KTP-e di Jakarta terbatas. Kekosongan blangko KTP-e saat ini merata di Indonesia.

Sebagai gantinya, Dinas Dukcapil bakal menerbitkan Surat Keterangan Pengganti KTP-e dan Identitas Kependudukan Digital (IKD) sesuai dengan surat edaran dari Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 471.13/17740/Dukcapil tahun 2022.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA

DPRD Tunda Pembahasan Raperda ERP Hingga Dua Kali, Ini Respons Heru

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:10 WIB
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebutkan akan memastikan Sri akan hadir dalam kesempatan rapat...
DOK MI.

Mahasiswa UI Meninggal karena Kecelakaan Jadi Tersangka, ini Alasan Polisi

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Jumat 27 Januari 2023, 16:10 WIB
Latief menambahkan, kelalaian itulah yang menyebabkan Hasya meninggal dan ditetapkan tersangka. Hal ini juga menjadi alasan Eko tidak...
ANTARA

Tak Semua Surat Tilang Dikirim Ke Rumah Pelanggar, Ini Jawaban Dirlantas

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Jumat 27 Januari 2023, 14:22 WIB
Latif menjelaskan hal itu dikarnekan kurangnya Daftar Isian Pelaksanan Anggaran (DIPA) Dirlantas Polda Metro Jaya untuk menangani...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya