Jumat 06 Januari 2023, 15:34 WIB

PPKM Dicabut, Dishub DKI Masih Wajibkan Masker di Angkutan dan Fasilitas Umum

Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan
PPKM Dicabut, Dishub DKI Masih Wajibkan Masker di Angkutan dan Fasilitas Umum

MI/RAMDANI
Pengunjung melewati imbauan mengenakan masker saat mengunjungi pusat perbelanjaan Pondok Indah Mall, Jakarta.

 

PEMBERLAKUAN Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak lagi diterapkan. Hal itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 50 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Pada Kondisi Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. 

Kendati demikian, untuk menjaga kenyamanan dan pencegahan kembali virus COVID -19 khususnya Di Jakarta, Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengeluarkan surat edaran tentang penggunaan kembali masker di sarana dan prasarana angkutan umum masa transisi menuju endemi. 

Baca juga: Formula-E, Penjabat Gubernur: Kalau Lancar Silahkan Lanjutkan

"Para awak kendaraan, petugas serta penumpang angkutan umum wajib melakukan pencegahan dengan tetap menggunakan masker dengan benar pada saat berada di fasilitastransportasi dan atau menggunakan angkutan umum," tulis surat yang ditandatangani Kadishub Syafrin Liputo, dikutip Jumat (6/1). 

Selain itu, Syafrin menerangkan para operator angkutan umum dan Kepala Satuan Pelaksana Terminal perlu menyiapkan tempat mencuci tangan dengan sabun atau cairan pembersih tangan (hand sanitizer) pada saat berada di dalam kawasan / area fasilitas/prasarana transportasi dan saat menggunakan angkutan umum. 

"Mendorong penumpang angkutan umum untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat akan memasuki fasilitas transportasi serta mendorong untuk tetap melakukan vaksinasi dosis lanjutan (booster)," lanjut Syafrin. 

Adapun kewajiban itu tertuang dalam surat edaran nomor e-0002/SE/2023/SE/2022 tentang kewajiban menggunakan masker di dalam sarana dan prasarana angkutan umum pada masa transisi menuju endemi. (OL-6)

Baca Juga

DOK MI

Kasus Polisi Peras Polisi, Kompolnas: Jeruk Makan Jeruk

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:08 WIB
KOMISIONER Kompolnas, Albertus Wahyurudhanto mengatakan kasus viralnya kasus Bripka Madih serta penyidik yang diduga memeras di kasus...
Dok.Medcom

Polri Harus Cermat dan Tanggap Tangani Kasus Polisi Peras Polisi

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 20:10 WIB
Hibnu menjelaskan bahwa pihak Kepolisian harus segara melakukan mediasi antara Madih dengan penyidik yang diduga melakukan...
MI / ADAM DWI.

PJ Gubernur DKI : Penanganan Kemiskinan Terkendala Penambahan Pendatang

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:54 WIB
Dalam percepatan penanganan kemiskinan ekstrem, Pemprov DKI Jakarta menetapkan Program Intervensi Kemiskinan Terpadu, salah satunya dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya