Selasa 27 September 2022, 11:42 WIB

Anies Sebut TIM akan Dikelola BUMD Khusus Kebudayaan

Kautsar Widya Prabowo | Megapolitan
Anies Sebut TIM akan Dikelola BUMD Khusus Kebudayaan

ANTARA/M Risyal Hidayat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) meresmikan Jakarta Street Experience (JSX) di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta.

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Taman Ismail Marzuki (TIM) akan dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang fokus pada bidang kebudayaan. BUMD baru itu akan berada di bawah PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

"Nantinya badan pengelola ini diharapkan jadi sebuah unit usaha, Badan Usaha Milik Daerah khusus di bidang kebudayaan,” kata Anies kepada wartawan di kawasan TIM, Senin (26/9).

Anies menjelaskan dengan dikelola oleh BUMD, manajemen TIM dapat lebih fleksibel. Berbeda halnya apabila di bawah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang harus terikat dengan aturan birokrasi.

Baca juga: Kembalinya Rumah Pencinta Sinema Ibu Kota

"Karena begitu sampai kegitan seni budaya, di sana ada kebutuhan-kebutuhan yang berbeda dengan di pemerintahaan," terangnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu memastikan meski dikelola BUMD, TIM tidak dituntut untuk mengejar keuntungan. Pihaknya menjamin tidak ada komersialisasi.

"Dia tidak diarahkan dan tidak dituntut untuk menjadi sebuah pusat mencari keuntungan atau provit center. Tapi benefit center, memberikan manfaat," terangnya.

Selain itu, pihaknya melalui Dinas Kebudayaan bakal melakukan subsidi untuk mendukung aktivitas di TIM. Kurang lebih subsidi yang akan digelontorkan khusus untuk pentas seni dan kebudayaannya mencapai Rp28 miliar hingga akhir 2022.

"Tempat ini terjaga marwahnya, dan yang tampil juga begitu, untuk yang tampil di TIM dia harus lolos kurasi. Tidak semata-mata karena punya yang lalu bisa sewa TIM," bebernya. (OL-1)

Baca Juga

HO

Sarasehan Budaya Tangsel, Keragaman Jadi Pemersatu

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 29 November 2022, 20:12 WIB
TENGERANG Selatan (Tangsel), Banten, kini tumbuh menjadi kota yang memiliki keragaman budaya. Keragaman tersebut menjadikan pengikat dan...
Antara

DPRD DKI Tolak Pembangunan ITF di 3 Lokasi karena belum Layak

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 29 November 2022, 19:25 WIB
Dari beberapa usulan yang diajukan PT Jakpro, DPRD DKI Jakarta hanya menyetujui pendanaan ITF Sunter, karena sudah memenuhi sejumlah...
Dok.Antara

Keluarga Tewas Di Kalideres, Paman Diduga Menganut Aliran Sesat

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Selasa 29 November 2022, 16:50 WIB
Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi mengatakan, belum merinci soal ajaran yang diikuti Budiyanto...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya