Kamis 18 Agustus 2022, 14:54 WIB

Tebet Eco Park Ditetapkan Jadi Kawasan Emisi Rendah

Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan
Tebet Eco Park Ditetapkan Jadi Kawasan Emisi Rendah

ANTARA FOTO/Reno Esnir
Anak-anak bermain di area Tebet Eco Park, Jakarta, Senin (15/8/2022)

 

PEMPROV DKI Jakarta mulai menerapkan Tebet Eco Park sebagai kawasan emisi rendah atau low emission zone (LEZ) pada akhir pekan ini, seiring dengan pembukaan kembali ruang terbuka hijau tersebut.

Dalam penerapan LEZ, kendaraan bermotor pribadi dilarang melintasi kawasan sekitar Tebet Eco Park, kecuali transportasi umum, kendaraan bermotor milik warga setempat, hingga kendaraan tidak bermotor seperti sepeda.

Kepala Seksi Pengendalian Operasi Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Made Joni mengatakan LEZ di kawasan Tebet Eco Park berlaku di dua ruas jalan, yakni Jalan Tebet Timur Raya dan Tebet Barat Raya.

"LEZ akan kita fokuskan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Berlakunya dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Jadi, saat itu, pengunjung tidak boleh membawa kendaraan pribadi untuk melintas di dua jalan itu," kata Made kepada wartawan, Kamis (18/8).

Berbeda dengan kawasan Kota Tua yang sebelumnya telah menerapkan LEZ, Tebet Eco Park berada di sekitar pemukiman warga.

Jika LEZ berlaku tiap hari, hal itu akan memberatkan masyarakat sekitar.

"Kemarin RT/RW dan lurah setempat sudah mendata semua kendaraan milik warga di dua kelurahan yang terdampak, yakni Kelurahan Tebet Barat dan Tebet Timur. Ada sekitar 900 kendaraan, baik roda dua maupun roda empat," ucap Made.

Baca juga: Wagub DKI Minta Pengunjung Tebet Eco Park Disiplin dan Jaga Kebersihan

Selama LEZ diterapkan, akan ada penjagaan di puluhan titik oleh petugas Dinas Perhubungan. Petugas akan menyekat kendaraan pribadi untuk tidak melintasi kawasan LEZ Tebet Eco Park. "Titik penjagaan ada 21 titik. Namun, uji coba 21 titik ini masih perlu dievaluasi," tambahnya.

Pemprov DKI menyiapkan lima kantong parkir ada 5 kantong parkir di luar kawasan Tebet Eco Park, mulai dari SMPN 73 Jakarta (khusus Sabtu-Minggu), POM Bensin MT Haryono, Gedung Graha Pratama, Gedung Wisma Pede, dan sisi samping Sarana Square.

Khusus pengunjung yang memarkirkan kendaraan di Sarana Square, Pemprov DKI menyediakan shuttle bus berupa Mikrotrans untuk memudahkan perjalanan menuju Tebet Eco Park. (OL-5)

Baca Juga

ANTARA/Muhammad Adimaja

Tim Ahli Cagar Budaya DKI Usul Halte Transjakarta Bundaran HI Direndahkan

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Jumat 30 September 2022, 08:31 WIB
Halte Transjakarta Hotel Bundaran Indonesia itu menghalangi visual dari objek diduga cagar budaya (ODCB), yaitu Patung Selamat...
Ist

Damai Putra Group Gelar Kegiatan Sosial di Kecamatan Medan Satria

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 22:07 WIB
Ada dua kegiatan yang dilakukan sekaligus yaitu donor darah dan pemberian timbangan bayi untuk beberapa Posyandu di Kecamatan Medan Satria,...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Tim Ahli Sebut Revitalisasi Halte Bundaran HI Langgar Prosedur

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 29 September 2022, 22:02 WIB
Kawasan tersebut merupakan Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) yang perlakuannya sama dengan cagar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya