Minggu 26 Juni 2022, 20:55 WIB

Erick Thohir: Jika Sarinah Mampu Diubah, Kota Tua Harus Juga Bisa

mediaindonesia.com | Megapolitan
Erick Thohir: Jika Sarinah Mampu Diubah, Kota Tua Harus Juga Bisa

Ist
Menteri BUMN Erick Thohir berkunjung ke kawasan Kota Tua di Jakarta Utara, Minggu (26/6).

 

BERKUNJUNG ke Kota Tua, Jakarta Utara, pada Minggu (26/6) siang, mendatangkan banyak inspirasi bagi Menteri BUMN Erick Thohir. Di kawasan seluas 1,3 kilometer persegi, yang juga disebut Batavia Lama (Old Batavia) dan terdapat beberapa gedung milik BUMN, Erick memiliki visi mengubah Kota Tua agar lebih bermanfaat dan lebih maksimal seperti halnya Gedung Sarinah di Jakarta Pusat.

"Saya tertarik dan terinspirasi melihat bangunan di sekitar Kota Tua ini. Aset-aset bersejarah ada yang sudah dimanfaatkan dengan baik, seperti Pos Bloc di Pasar Baru untuk UMKM, produk lokal, seni dan budaya," ujar Erick mencontohkan Gedung Filateli Pos yang kini menjadi Pos Bloc di kawasabn Pasar Baru.

Tapi, Erick melanjutkan, untuk kawasan Kota Tua sendiri masih banyak yang bisa dimaksimalkan. "Apalagi ada gedung-gedung milik BUMN, seperti Bank Mandiri, Jasindo, Kerta Niaga, atau Cipta Niaga masih belum maksimal penggunaannya," ujarnya saat berkeliling di kawasan yang selesai di bangun pada 1650 itu.


Baca juga: Anies Deklarasikan Jakarta Sebagai Kota Global


Merujuk pada renovasi terhadap Gedung Sarinah yang dilakukan Kementerian BUMN sehingga gedung yang berdiri sejak 15 Agustus 1966 itu kini menjadi pusat perbelanjaan berstatus cagar budaya dengan konsep urban forest yang mengutamakan outdoor space di jantung ibu kota , Erick ingin Kota Tua juga mengalami transformasi serupa. Terlebih nilai historis Kota Tua jauh lebih kental seiring dengan pembentukan kota Jakarta sebagai ibukota negara.

"Jika Sarinah mampu kita ubah, Kota Tua Harus Juga Bisa. Jika Sarinah kini menjadi daya tarik dan ikon baru Jakarta, maka Kota Tua akan hadir dengan impresi berbeda, namun memiliki manfaat yang luas bagi masyarakat karena juga akan ada UMKM, produk lokal, pentas seni dan budaya. Apalagi tak jauh dari sini, ada eks Gedung Arsip Nasional. Insya Allah, tahun depan kita akan coba sinergikan dengan pembangunan kota tua secara menyeluruh," tambahnya. (RO/S-2)

Baca Juga

Antara/Akbar Nugroho Gumay.

Anies Baswedan Tetapkan Tarif Integrasi Transportasi Rp10 Ribu

👤Irfan Julyusman 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:31 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menetapkan tarif integrasi transportasi Transjakarta, MRT, dan LRT dengan nominal maksimal...
ANTARA/Fikri Yusuf

Polisi Sebut Tanaman Koka di Kebun Raya Bogor sudah Mati

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 20:43 WIB
Tanaman koka dipakai untuk penelitian sejak 1978 di Balai Penelitian Rempah dan Obat (Balitro) Lembang, Jawa...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Tarif Integrasi Berlaku di 28 Koridor Bus Transjakarta

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 19:53 WIB
DKI Jakarta sudah resmi menerapkan tarif integrasi antar moda maksimal Rp10.000. Tarif tersebut berlaku di 28 koridor dan halte...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya