Minggu 29 Mei 2022, 10:10 WIB

H. Suharto : Silat Asli Betawi Cingkrig Kebon Jeruk Bertahan Di era Modern

Selamat Saragih | Megapolitan
H. Suharto : Silat Asli Betawi Cingkrig Kebon Jeruk Bertahan Di era Modern

dok.ist
Guru besar Silat Cingrig Kebon Jeruk babe Sabeni Banteng (tengah), H Suharto, SH (baju putih) saat halal bihalal dan latihan bersama PPSCS,

 

H. Suharto, SH salah satu tokoh yang selalu mendukung tradisi pelestari budaya Betawi mengharapkan generasi muda Betawi melek terhadap budaya lokal seperti silat cingrig. Sebab silat cingrig merupakan seni beladiri asli Betawi yang ada sejak dulu saat melawan penjajahan Belanda.

"Saya bersyukur diundang dalam acara silaturahmi di Halal Bihalal Perguruan Silat Cingrig di wilayah Kebon Jeruk, Jakarta Barat di bawah pimpinan Guru Besar babe Sabeni Banteng. Ini merupakan seni beladiri asli Betawi yang harus tetap dikembangkan," ujar H Suharto yang juga fungsionaris Partai Golkar, Jakarta Barat ini, Minggu (29/5)

Suharto berkomitmen untuk selalu mensupport dan mengapresiasi semua para pecinta seni budaya Betawi dan guru Silat Betawi yang masih exis dalam masih mengajarkan silat kepada generasi muda khususnya wilayah Jakarta Barat.

"Saya berharap jaga seni budaya Betawi dan seni budaya lainnya, jangan pernah sampe punah kemakan jaman yang saat ini modern" tutupnya

Sebagaimana diketahui, Silat Cingkrig Kebon Jeruk ini pertama kali mempunyai guru besar Alm. kong H.Sinan dan Alm.kong satiri (Kelek). Keduanya, mengajarkan silat cingkrig kepada masyarakat Kebon Jeruk

Perkumpulan silat Cingkrig Serbaguna Kebon Jeruk  masih tetap exis dan saat ini dipimpin oleh generasi pengajar yang ke 3, yakni Babe Sabeni Banteng. Babe Sabeni saat ini merupakan tokoh silat Betawi paling sepuh yang berusis 70 tahun.

"Silat Cingkrig Serbaguna ini memang asli silat Betawie dari Kebon Jeruk. Saya dapatkan dari guru terdahulu yang bernama alm. Kong H. Sinan dan alm. babe satiri kelek" ucap Babe Sabeni.

Dalam kesempatan ini, jelas babe Sabeni, acara halal bihalal digelar berbeda, dimana semua murid yang tergabung di Perkumpulan Pencak Silat Cingkrig Serbaguna Kebon Jeruk (PPSCS), menyajikan kepada masyarakat untuk melihat secara langsung latihan bersama, palang pintu, sambut cara menjatuhkan lawan, dan kegiatan sosial berupa santunan anak yatim piatu serta sumbangan untuk masjid di wilayah puncak, Bogor (28/5/2022).

Sementara itu, Cing Ahyar Gobang, Ketua Umum PPSCS menyatakn akan selalu tetap semangat menjalankan amanah yang ditunjuk oleh babe Sabeni Banteng dan H. Abu Tafsir sebagai pembina PPSCS Kebon Jeruk. "Kami siap mengajarkan bagi semua masyarakat dan generasi muda yang mau belajar silat Betawi asli kebon jeruk ini, bisa datang ke Jl.H. Marjuki, Kelurahan Kebon Jeruk , Jakarta Barat  tanpa dipungut biaya alias gratis," ucapnya.

Cing Ahyar Gobang menambahkan dengan doa para pembina, Tokoh agama dan seluruh masyarakat Kebon Jeruk khususnya, alhamdulilah  Perguruan PPSCS Kebon Jeruk ini, sudah terdaftar resmi di Kementerian Hukum & HAM, dengan akta Notaris Nomor: 02 tanggal 07 April 2018, dan telah mendapat pengesahan dari Kemkumham, No: AHU-0007618,AH,01.07 tahun 2018 tanggal 04 Juni 2018.

"Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada pembina, pengurus, anggota PPSCS, para donatur dan parah tokoh yang hadir untuk mensupport serta mengapresiasi kegiatan PPSCS hari ini yang diselenggarakan di puncak - Bogor. Semoga kami tetap akan selalu bisa terus berbagi, kompak, solid, loyalitas, totalitas serta harapan agar PPSCS bisa  bermanfaat untuk masyarakat dan terus lestarikan silat Betawi asli kebon jeruk ini," tutupnya (OL-13)

Baca Juga: Pencak Silat Diharapkan Jadi Penyumbang Medali Perdana ...

Baca Juga

Dok. Jawara Ssandi Uno

Gelar Pelatihan Dimsum di Bekasi, Pelaku UMKM Dan Emak-emak Harapkan Sandiaga Presiden 2024

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:05 WIB
Ketua Jawara Sandi Uno, Aini Kartaatmadja mengatakan, Sandiaga sosok yang tepat dalam memberikan solusi kebangkitan ekonomi kepada...
Ilustrasi

Pencuri Bobol Rumah Kosong di Jakbar Siang Hari, Korban Rugi Rp400 Juta

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:30 WIB
Kapolsek Cengkareng Kompol Ardhie Demastyo mengatakan kejadian berawal saat korban bernama Desi bersama suami dan anaknya pergi...
MI/Selamat Saragih

HIPMI BPC Kepulauan Seribu, Semangat Kewirausahaan Untuk Menggali Potensi Baru

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:22 WIB
KETUA Umum BPD HIPMI DKI Jakarta Raya (HIPMI Jaya) Sona Maesana melantik pengurus Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya