Sabtu 21 Mei 2022, 21:45 WIB

Begini Pola Pengalihan Arus Lalu Lintas Selama Car Free Day Berlangsung Besok

Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan
Begini Pola Pengalihan Arus Lalu Lintas Selama Car Free Day Berlangsung Besok

Antara/M. Risyal Hidayat
Pesepeda melintas di dekat Bundaran HI saat HBKB diberlakukan

 

HARI Bebas Kendaraan Bermotor di Jakarta mulai esok hari kembali diadakan. Sejak dua tahun lalu, kegiatan tersebut tidak diberlakukan mengingat adanya pembatasan kegiatan masyarakat di masa pandemi covid-19. 

Adapaun HBKB atau Car Free Day (CFD) kali ini terdapat di 6 titik ruas jalan Ibukota. Adapun masyarakat yang tetap ingin bepergian menggunakan kendaraan bermotor, agar bisa melewati jalur alternatif lainnya. 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pelaksanaan HBKB tersebut dimulai pukul 06.00-10.00 WIB. 

"Pelaksanaannya hanya 4 jam kemudian jalur-jalur alternatif ini kan ada, misalnya ingin ke Sudirman-Thamrin bisa lewat Kuningan, Rasuna Said atau bisa lewat jalur Tomang Harmoni kalau ingin menuju ke Jakarta Utara," ujarnya dikawasan patung kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (21/5).

Ia pun menjelaskan, HBKB yang dilaksanakan secara serempak di 6 titik lokasi ini, salah satunya agar masyarakat tidak menumpuk di satu lokasi. 

"Makanya yang tadinya pelaksanaan HBKB yang rencanyanya bergiliran, diadakan bersamaan," lanjutnya. 

Adapaun rekayasa lalu lintas untuk lokasi HBKB Bundaran Patung kuda hingga Bundaran Senayan, sebagai berikut 

Arus lalin dari Jl budi kemuliaan yang akan menuju jl MH Thamrin diluruskan ke jala Medan merdeka Selatan dan arus lain dari jl meredeka Selatan yang akan menuju ke jk MH Thamrin diluruskan menuju ke jl Budi Kemuliaan.

Baca juga : Warga Sambut Positif HBKB di Jakarta Diadakan Lagi

Adapun arus dari jl Agus salim yang akan belok kiri ke jalan kebon sirih dibelokkan ke kanan menuju jalan kebon sirih arah tugu tani.

Dari jalan Abdul mudik yang akan belok ke kiri ke jalan kebon sirih di luruskan ke jalan Fachrudin dan arus lain dari jalan Jatibaru yang akan menuju kebon sirih dibelokkan kiri ke jl Abdul muis atau dibelokkan ke kanan jl Fachrudin. Serta 10 rekayasa lalu lintas lainnya yang sudah di sosialisasikan Dirlantas Polda Metro Jaya.

Selain itu, Pengalihan arus lalu lintas di lokasi HBKB Terminal Harmoni hingga RS Tarakan juga diberlakukan. Salah satunya, arus lalu lintas dari jl MajaPahit atau Jalan IR Juanda yang akan menuju Tomang Dialihkan melalui jalan Gajah Mada lalu tekuk kiri jalan Hasim Ashari. 

Arah Roxy dan Arus lain dari jalan IR Juanda yang akan menuju jalan tanah abang Dialihkan melalui jalan Gajah Mada (Cideng Timur). 

Untuk lokasi HBKB Danau Sunter Selatan menuju GOR Sunter juga disiapkan beberapa rekayasa lalu lintas. Pertama, arus lalu lintas di simpang danau sunter Selatan di tutup. Adapun kendaraan yang akan melintas, dialihkan ke jalan HBR Motik dan sebaliknya akan dialihkan ke jalan danau sunter Barat. 

Sementara, titik HBKB dari lampu merah Tomang menuju Business Hote Tomang juga akan ditutup. Arus lalu lintas dari Tol Jakarta-Tangerang yang akan menuju jalan Tomang Raya Dialihkan ke arah Grogol. 

Aadapaun rekayasa lalu lintas lain, di titik HBKB esok pagi bisa diakses ke akun media sosial direktorat lalu lintas polda metro Jaya. (OL-7)

Baca Juga

Dok. Jawara Ssandi Uno

Gelar Pelatihan Dimsum di Bekasi, Pelaku UMKM Dan Emak-emak Harapkan Sandiaga Presiden 2024

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:05 WIB
Ketua Jawara Sandi Uno, Aini Kartaatmadja mengatakan, Sandiaga sosok yang tepat dalam memberikan solusi kebangkitan ekonomi kepada...
Ilustrasi

Pencuri Bobol Rumah Kosong di Jakbar Siang Hari, Korban Rugi Rp400 Juta

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:30 WIB
Kapolsek Cengkareng Kompol Ardhie Demastyo mengatakan kejadian berawal saat korban bernama Desi bersama suami dan anaknya pergi...
MI/Selamat Saragih

HIPMI BPC Kepulauan Seribu, Semangat Kewirausahaan Untuk Menggali Potensi Baru

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:22 WIB
KETUA Umum BPD HIPMI DKI Jakarta Raya (HIPMI Jaya) Sona Maesana melantik pengurus Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya