Kamis 17 Februari 2022, 15:07 WIB

Dinkes DKI Jelaskan Ini Waktu Terbaik untuk Vaksin Covid-19 Booster

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Dinkes DKI Jelaskan Ini Waktu Terbaik untuk Vaksin Covid-19 Booster

MI/VICKY GUSTIAWAN
Petugas medis memeriksa kesehatan calon penerima vaksin covid-19 astrazeneca dosis ketiga di Grand Indonesia, Jakarta, Senin (14/2/2022).

 

BERDASARKAN hasil penelitian Kementerian Kesehatan bersama peneliti Universitas Padjajaran dan Universitas Indonesia, peningkatan antibodi terhadap covid-19 yang terjadi pada jenis vaksin booster AstraZeneca setengah dosis dapat mencapai 23,5 kali lipat pada jarak vaksinasi 3-6 bulan dari dosis kedua.

Sedangkan, peningkatan antibodi yang terbentuk pada jarak vaksinasi 6-9 bulan setelah vaksinasi dosis kedua dapat mencapai 49,7 kali lipat.

Selain itu, pada jenis vaksin booster Pfizer setengah dosis, peningkatan antibodi dapat mencapai 48,9 kali lipat dari jarak 3-6 bulan setelah vaksin dosis kedua.

Kemudian, jika vaksinasi dosis ketiga dilakukan setelah 6-9 bulan dari jarak vaksinasi dosis kedua, peningkatan antibodinya dapat mencapai 80,6 kali lipat.

Baca juga: Polisi Masih Selidiki Motif Novi Amelia Bunuh Diri di Kalibata

"Oleh karena itu, kami menetapkan waktu vaksinasi dosis ketiga atau booster pada rentang waktu 6-9 bulan setelah dosis kedua, tujuannya supaya peningkatan antibodi yang terjadi lebih tinggi dibandingkan booster pada saat kurang dari 6 bulan," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti dalam keterangan tertulis, Kamis (17/2).

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta berhasil mencapai 1 juta vaksinasi dosis ketiga atau booster sebagai upaya mencegah gejala dan risiko dirawat di rumah sakit maupun kematian akibat keterpaparan covid-19.

Hingga hari ini, Kamis (17/2) pukul 08.00 WIB, tercatat sebanyak 1.071.769 orang sudah divaksin dosis 3 atau booster.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, pencapaian ini merupakan hal yang harus diapresiasi dan perlu dukungan dari semua pihak untuk terus melakukan percepatan vaksinasi dosis ketiga.

“Vaksinasi saat ini masih sangat efektif mencegah covid-19 dan meringankan gejala yang terjadi akibat keterpaparan virus. Sampai hari ini, terdapat 12.167.624 orang telah divaksin dosis 1 dan 10.131.587 orang telah divaksin dosis 2," jelasnya.

"Meski telah divaksin, kita harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, serta terus waspada terhadap penularan varian Omicron yang kini tengah meningkat di Jakarta,” ucap Widyastuti.

Jakarta saat ini masih menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 sesuai Inmendagri Nomor 10 Tahun 2022. Percepatan pelaksanaan program vaksinasi pun terus dijalankan.

Perlu diketahui, sasaran vaksin booster adalah masyarakat berusia 18 tahun ke atas, dengan memprioritaskan masyarakat lanjut usia dan penderita masalah kekebalan tubuh (immunocompromised).

Bagi masyarakat yang telah melewati enam bulan dari dosis vaksinasi kedua, dapat langsung mendaftarkan diri untuk melakukan vaksinasi booster melalui aplikasi JAKI yang dapat diunduh melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Selain vaksinasi booster, vaksinasi primer juga masih terus bergulir di Jakarta. Melalui fitur, 'Pendaftaran Vaksinasi Covid-19' di JAKI, warga diharapkan dapat mengakses vaksinasi covid-19 dengan lebih mudah, cepat, dan aman.

Seluruh informasi resmi dari Pemprov DKI Jakarta terkait covid-19, seperti jadwal vaksinasi dan data harian covid-19, juga bisa didapatkan melalui fitur JakWarta di aplikasi JAKI. (Put/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/M Risyal Hidayat

Anies Sebut TIM akan Dikelola BUMD Khusus Kebudayaan

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Selasa 27 September 2022, 11:42 WIB
Anies menjelaskan dengan dikelola oleh BUMD, manajemen TIM dapat lebih...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

4.400 Personel Gabungan Amankan Aksi Unjuk Rasa di Jakpus

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 27 September 2022, 11:02 WIB
Sebanyak 4.400 personel gabungan TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh sejumlah elemen masyarakat...
dok.mi

Akhirnya Sopir Truk yang Dianiaya Wakil Ketua DPRD Depok Pilih Damai

👤Kisar Rajagukguk 🕔Selasa 27 September 2022, 10:12 WIB
PENGEMUDI truk Amhad Misbah yang diinjak-injak Anggota DPRD Tajudin Tabri akhirnya mencabut laporan dari Polres Metropolitan Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya