Selasa 28 Desember 2021, 22:01 WIB

Fraksi PDI-P Tagih Janji Anies Soal Nasib Pohon yang Ditebang Demi Formula E

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Fraksi PDI-P Tagih Janji Anies Soal Nasib Pohon yang Ditebang Demi Formula E

MI/ Bary Fathahilah
Penebangan pohon di Monas

 

FRAKSI PDI Perjuangan DPRD DKI mengkritisi kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan karena banyak program yang berdampak langsung kepada masyarakat Jakarta, namun tidak dijalankan dengan baik.

Ketua Fraksi PDI-P Gembong Warsono mempertanyakan nasib 191 pohon disekitar Monas yang ditebang pada akhir 2019.  Hingga kini nasib 191 pohon bersejarah yang ditebang dengan menelan anggaran APBD sebesar 71 milyar tersebut tidak dapat diketahui keberadaannya.


"Pada 2020 Pemprov DKI Jakarta menjanjikan akan mengganti dengan sejumlah pohon yang baru sebanyak 573 pohon. Faktanya meskipun pohon pohon tersebut tidak dapat menggantikan 191 pohon bersejarah, hingga kini baik jumlah pohon serta lokasi penanamannya belum juga dapat diketahui," ujarnya lewat pernyataan resmi, Selasa (28/12).

Pemprov DKI, sambung Gembong, belum memberi penjelasan kepada publik tujuan dari revitalisasi Monas. Padahal, 191 pohon memiliki nilai sejarah dan ditanam oleh para diplomat dari negara sahabat sebagai simbol perhatian kepada keperdulian lingkungan hidup yang kian hari semakin rusak. 

"Kini simbol tersebut tidak dapat serta merta digantikan oleh sesuatu yang tidak punya makna setara dengan simbol yang telah hilang," tandasnya.

Selain itu, Gembong juga mengkritisi pemilihan Ancol sebagai lokasi balapaj formula E. Fraksi PDI-Perjuangan, tegas Gembong, berharap kesalahan yang sama dengan penebangan pohon di Monas tidak kembali terulang karena merusak lingkungan.

"Fraksi PDI Perjuangan sejak awal tetap konsisten meminta transparansi terkait Penyelengaraan Formula E ini yang telah menghabiskan anggaran APBD sebesar Rp560 Milyar sekaligus meminta Studi Kelayakan Penyelenggaraan Formula E di Ancol yang rencananya akan digelar 2022," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Andreas Fitri

Wilayah Taman Sari Hasilkan Sampah 116 Ton Setiap Hari

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 27 Mei 2022, 11:04 WIB
Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Barat mengangkut 116 ton sampah setiap hari di wilayah Taman...
MI/ Fahrullah

Transjakarta Sediakan Layanan Untuk Penikmat Java Jazz Festival 2022

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 27 Mei 2022, 08:50 WIB
MEMERIAHKAN perhelatan musik Java Jazz Festival 2022, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyediakan akses Transportasi menuju lokasi...
MI/Andri Widiyanto

Daya Tampung Sekolah di PPDB Kerap Diabaikan, Ini Imbauan Ombudsman Jakarta

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:06 WIB
Faktanya, lanjut Dedy, ketentuan daya tampung ini seperti diabaikan oleh beberapa SMA dan SMK milik pemerintah di Provinsi DKI Jakarta dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya