Minggu 12 Desember 2021, 17:31 WIB

Jelang Nataru, Komoditas Hortikultura di Jakarta Alami Kenaikan Harga

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Jelang Nataru, Komoditas Hortikultura di Jakarta Alami Kenaikan Harga

MI/Adam Dwi.
Warga berbelanja bahan pangan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta.

 

PADA minggu ini kenaikan harga bahan pangan yang cukup signifikan terjadi pada komoditas hortikultura khususnya cabai. Naiknya harga komoditas cabai terutama disebabkan cuaca berupa meningkatnya curah hujan. Curah hujan yang tinggi menyebabkan kualitas cabai menurun dan naiknya biaya produksi terutama tenaga petik dan biaya perawatan tanaman.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, pasokan cabai yang masuk ke Pasar Induk Kramat Jati pada Minggu (12/12) sebanyak 31 ton cabai rawit merah dengan harga Rp62.000/kg, 9 ton cabai rawit hijau dengan harga Rp40.000/kg, 9 ton cabai merah TW dengan harga Rp36.000/kg, dan 28 ton cabai merah keriting dengan harga Rp34.000/kg.

Untuk bahan pangan lain terjadi kenaikan berkisar 0,13%-1,99%. Kondisi ini masih normal dengan pertimbangan kondisi menjelang Nataru.

"Dalam rangka menghadapi Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 serta stabilisasi harga pangan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama BUMD Pangan, Bulog, para pelaku usaha dan OPD terkait berkolaborasi untuk menjamin kecukupan pangan masyarakat," kata Suharini, Minggu (12/12). Perum Bulog Divreg DKI Jakarta-Banten berupaya melakukan pemenuhan stok pangan (beras, minyak goreng, gula pasir, tepung, daging sapi/kerbau) melaksanakan Operasi Pasar KPSH Beras melalui Rumah Pangan Kita (RPK), Toko Pangan Kita (TPK), Pedagang Beras Eceran, Satgas OP KPSH dan Pedagang Besar/Distributor. 

Perum Bulog Divreg Jakarta Banten juga menggunakan toko online untuk pendistribusian bahan pangan. PD Dharma Jaya siap melakukan penjualan keliling dengan menjual daging sapi beku beserta olahannya dengan harga berkisar Rp93.000 sampai Rp101.000 per kg tergantung spesifikasi mutunya menggunakan mobil keliling (food truck).

"PT Food Station Tjipinang Jaya melaksanakan pasar murah 1- 31 Desember 2021 untuk beras, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, susu UHT, kornet sapi, dan sarden langsung ke kelurahan-kelurahan yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta," ujarnya. Perumda Pasar Jaya melakukan optimalisasi operasional mesin Controlled Atmosphere Storage (CAS). 

Saat ini sudah terisi delapan ton bawang merah dan 200 kg cabe merah keriting. Perumda Pasar Jaya juga siap menyediakan bahan pangan melalui lokasi distribusi yang dikelolanya yaitu di 4 Jak Grosir, 34 Jak Mart, dan 54 Mini DC.

Untuk menjamin keamanan pangan segar yang beredar di pasaran (pasar tradisional lingkup Perumda Pasar Jaya, pasar lokasi binaan dan sentra pemasaran), DKPKP Provinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan Pengawasan Mutu Pangan Terpadu selama tahun 2021 dengan uji cepat (rapid test) atas kandungan formalin, chlorine, dan pestisida, serta uji kesegaran di 153 (seratus lima puluh tiga) lokasi dengan target 24.000 sampel (pangan asal tanaman, hewan, dan ikan).

Polisi Dalami Dua Pria Bawa Bendera OPM di Cililitan

"Untuk dapat segera mengantisipasi lonjakan harga pangan karena kurangnya pasokan, Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Satgas Pangan terus melakukan pemantauan ketersediaan dan harga pangan strategis di pasar tradisional, swalayan, online shop, serta sentra pemasaran. Selain itu untuk menjaga kestabilan kondisi pangan BUMD Pangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan kerja sama pangan dengan daerah/wilayah dan perusahaan lain," papar Suharini. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA

IPW: Jika Terbukti Hilangkan Barang Bukti, Ferdy Sambo Dapat Dipecat dan Dipidana

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:15 WIB
INDONESIA Police Watch (IPW) menilai Irjen Ferdy Sambo dapat dipecat dari Korps Bhayangkara jika terbukti merusak, menghilangkan barang...
DOK MI

Ajudan Istri Ferdy Sambo Jadi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:07 WIB
TIM Khusus (Timsus) Polri menangkap Brigadir Ricky Rizal terkait kasus tewasnya Brigadir Novriansyah Yosua Hutabarat alias Briagadir J di...
dok.ist

Ratusan Sopir Truk DKI Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 21:36 WIB
SEBANYAK 500 sopir truk berkumpul di Jalan Inspeksi Banjir Kanal Timur (BKT), Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, mereka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya