Jumat 03 Desember 2021, 16:03 WIB

Imbas Kecelakaan, Pemprov DKI Akan Audit Transjakarta

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Imbas Kecelakaan, Pemprov DKI Akan Audit Transjakarta

ANTARA
TransJakarta

 

PEMPROV DKI Jakarta berencana melakukan audit menyeluruh terhadap manajemen PT Transjakarta. Audit ini dilakukan untuk mengetahui penyebab terjadinya beberapa kecelakaan yang dialami oleh armada bus TransJakarta.

Dalam 40 hari ini, terjadi lima kecelakaan yang mana menewaskan dua korban. Terbaru, bus TransJakarta mengalami kecelakaan hari ini di Senayan, Jakarta Selatan. Sementara itu, kemarin armada bus TransJakarta koridor 5 PGC-Harmoni menabrak pos polisi saat hendak berputar balik dan menyebabkan seorang petugas sterilisasi jalur bus terluka.

Baca juga: Bus Trans-Jakarta Tabrak Separator di Depan Ratu Plaza

Tidak main-main, guna melakukan audit tersebut, Pemprov DKI akan menggandeng Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Kita akan melakukan audit menyeluruh terkait dengan keselamatan operasi. Kemudian dalam proses audit ini rencananya TransJakarta akan bekerja sama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi," kata Kepala Badan Pembina BUMD DKI Jakarta, Riyadi, saat dihubungi, Jumat (3/12).

Ia menjelaskan, dilibatkannya KNKT dalam audit karena lembaga independen itu dinilai memiliki kompetensi untuk mengaudit kinerja dan manajemen TransJakarta.

Ia menambahkan Pemprov DKI belum terburu-buru merombak jajaran direksi TransJakarta. Menurut dia, untuk melakukan hal tersebut harus menunggu hasil audit guna mengetahui pasti penyebab kecelakaan yang terjadi berulang kali pada armada TransJakarta.

"Kita kan belum bisa menyatakan ini salah siapa segala macam. Kesalahan teknis atau kesalahan manusia. Kita belum tahu kan. Tidak bisa dong langsung seperti itu," tandasnya. (OL-6)

Baca Juga

Ant/Fauzan

Hujan Deras Landa Tangerang Sedikitnya 500 Rumah Kebanjiran

👤Sumantri Handoyo 🕔Kamis 20 Januari 2022, 08:46 WIB
HUJAN deras yang melanda kabupaten dan Kota Tangerang Rabu malam hingga Kamis dini hari (19-20/1), mengakibatkan ratusan rumah tergenang...
dok.ant

Curah Hujan Ekstrem, DKI Klaim Genangan Air Cepat Ditangani

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 20 Januari 2022, 08:25 WIB
CUACA yang ekstrem ditambah peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum (ROB), membuat beberapa wilayah di DKI Jakarta...
dok.ant

BMKG: Ibu Kota DKI akan Hujan Ringan di Pagi dan Siang Hari

👤Muhammad Fauzi 🕔Kamis 20 Januari 2022, 06:10 WIB
BMKG memprakirakan Ibu Kota DKI Jakarta, mengalami hujan ringan pada Kamis pagi hari hingga siang hari di sejumlah wilayah kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya