Selasa 30 November 2021, 21:50 WIB

Dinkes DKI: Vaksinasi Covid Anak 6-11 Tahun Direncanakan Dilakukan di Sekolah 

Hilda Julaika | Megapolitan
Dinkes DKI: Vaksinasi Covid Anak 6-11 Tahun Direncanakan Dilakukan di Sekolah 

Antara/Fransisco Carolio
Petugas kesehatan memegang botol vaksin Sinovac yang sudah diberikan EUA Oleh BPOM untuk disuntikkan pada anak 6-11 tahun

 

DINAS Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta berencana melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun melalui sekolah. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Dwi Oktavia mengatakan, alasannya karena sekolah di Jakarta mempunyai hubungan koordinasi dan kerja sama yang baik dengan Puskesmas selaku penyelenggara vaksinasi Covid-19. 

Menurutnya, koordinasi tersebut sudah terjalin lebih optimal saat diadakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). 

"Sekolah menjadi salah satu tempat potensial untuk memberikan layanan vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun," ujarnya dalam seminar vaksinasi anak di Jakarta, Selasa (30/11). 

Sekolah juga memiliki akses yang mudah, fasilitas ruang terbuka yang tersedia, serta kesiapan guru menjadi pertimbangan vaksinasi anak usia 6-11 tahun diadakan di sekolah. Sehingga pihaknya meminta oramg tua tak perlu khawatir akan vaksin covid-19 untuk anal usia 6-11 tahun ini. 

"Kami imbau orang tua nanti jangan ragu untuk vaksinasi anak di sekolah karena dilayani baik seperti fasilitas kesehatan," ujarnya. 

Baca juga : Bandara Soekarno-Hatta Waspada Covid-19 Varian Omicron

Meski begitu, Dinkes DKI Jakarta masih menunggu panduan teknis dari Kementerian Kesehatan terkait rencana vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun yang direncanakan mulai tahun 2022 ini. 

"Kami tentu berharap vaksinasi Covid-19 usia 6-11 tahun bisa segera mulai dikerjakan. Tapi tentu saja pemerintah pusat sedang menyiapkan secara lengkap, kesiapan tenaganya, yang terpenting ketersediaan vaksinnya," harapnya. 

Sebelumnya, Dinkes DKI Jakarta memperkirakan sasaran vaksinasi anak rusia 6-11 tahun di Ibu Kota mencapai sekitar 900 ribu orang. 

Data ini setelah melakukan penyandingan bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terkait data sasaran untuk mengetahui jumlah anak yang perlu divaksin. (OL-7)

Baca Juga

MI/Ramdani

DPRD: Cegah Omikron Makin Merebak, Anies Didesak Hapus Ganjil Genap

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 18 Januari 2022, 12:20 WIB
KETUA Komisi A DPRD DKI Jakarta, Mujiyono mendesak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk menghilangkan pembatasan kendaraan dengan...
MI/FC Hutama Gani

BPS Catat Angka Kemiskinan di Jakarta pada 2021 Turun 0,05%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 18 Januari 2022, 12:05 WIB
UNTUK pertama kalinya sejak pandemi covid-19, angka kemiskinan Jakarta akhirnya bergerak...
MI/Vicky Gustiawan

Jakarta Tetap PPKM Level 2, PTM 100% Lanjut Terus

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 18 Januari 2022, 11:50 WIB
PEMERINTAH pusat memutuskan untuk memperpanjang status PPKM level 2 di Jabodetabek hingga 24 Januari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya