Senin 25 Oktober 2021, 17:48 WIB

Dua Kereta LRT Tabrakan, Ini Kata Adhi Karya

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Dua Kereta LRT Tabrakan, Ini Kata Adhi Karya

Antara
Petugas memeriksa gerbong kereta LRT yang mengalami kecelakaan di ruas Cibubur-TMII, Jakarta.

 

PT Adhi Karya (Persero) Tbk membenarkan insiden tabrakan antara dua Light Rail Transit (LRT) Jabodebek di kawasan Munjul, Jakarta, pada Senin (25/10) siang. 

Saat ini, perseroan tengah mencari informasi lengkap terkait penyebab insiden tabrakan kereta tersebut. Dari beberapa foto yang beredar di media sosial, terlihat beberapa unit kereta LRT Jabodebek berwarna merah perak berhenti dan saling tertumpuk di lintasan layang.

"Kami masih mencari informasi lengkapnya. Mengingat uji coba kereta merupakan ranah Inka dan Kereta Api Indonesia (KAI). Sedangkan Adhi Karya sebagai penyedia prasarana," jelas Corporate Secretary Adhi Karya Farid Budiyanto dalam keterangan resmi, Senin (25/10).

Baca juga: Alami Tabrakan, Kereta LRT Jabodebek Sedang Uji Coba

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan dua perusahaan BUMN lainnya, yakni Inka dan KAI, untuk menyelidiki tabrakan dua kereta LRT tersebut. "Kami sedang komunikasikan dengan KAI dan Inka untuk mendalami kejadian itu," imbuhnya.

Terpisah, Kasie Operasi Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur Gatot Sulaiman menyatakan pihaknya sudah meluncurkan satu tim penyelamatan ke lokasi keajadian untuk membantu evakuasi kereta. Untungnya, tidak ada penumpang di dalam kereta, lantaran pengelola sedang melakukan uji coba.

Baca juga: Seluruh Kereta Telah Berada di Lintasan LRT Jabodebek

Sebelumnya, Adhi Karya telah melakukan tes beban pada infrastruktur prasarana LRT Jabodebek, yang membentang panjang di atas jalan tol wilayah Jakarta, yakni Jakarta Outer Ring Road (JORR). Rangkaian kereta atau trainset terakhir dari LRT Jabodebek tiba di Stasiun Harjamukti, Cibubur, pada 19 Oktober lalu. 

Sebanyak enak kereta dalam satu rangkaian langsung diangkut secara perlahan untuk naik ke lintasan. Kereta ini dikirim dari pabrik milik Inka, yang berlokasi di Madiun, Jawa Timur. Rangkaian kereta ini merupakan kereta terakhir sejak pengiriman pertama pada Oktober 2019.(OL-11)

 

 

 

Baca Juga

dok.ant

Dirlantas PMJ: Cegah Reuni 212 di Monas Semua Akses Disekat

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 02 Desember 2021, 09:35 WIB
Di kawasan masuk Jakarta ada yang kami sebut filterisasi, artinya kendaraan masih bisa melintas, kecuali massa...
Ant/Mentari Dwi Gayati

Massa Reuni 212 Mulai Berdatangan dan Bersolawat di Kawasan Barikade

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 08:07 WIB
PULUHAN orang untuk Reuni 212 mulai berdatangan. Mereka bersolawat saat berkumpul di kawasan perbatasan barikade Jalan H. Agus Salim dan...
Dok.Ant

Antisipasi Reuni 212, 12 KA Keberangkatan Stasiun Gambir Berhenti Di Stasiun Jatinegara

👤Putri Anisa Yuliani/Hilda Julaikha 🕔Kamis 02 Desember 2021, 07:02 WIB
HARI ini ada pengalihan arus lalu lintas untuk mengantisipasi reuni 212, karena itu pemberangkatan KA dari stasiun Gambir dialihkan ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya